6/28/16

#1 Penumpang Terakhir

Hampir tengah malam, akhirnya aku menginjakkan kaki jua di Thailand. Airasia SIN-UTP yang membawaku tiba di Bandara Utapao, dekat Pattaya. Aku sengaja memilih rute ini dalam perjalananku ke Bangkok kali ini, sebab rute ini tarifnya paling murah.

Tak apalah harus dua jam overland ke Bangkok. Dua jam itu menurut wisik dari google map, walau pada kenyataannya berbeda : seharian! Yah, butuh waktu sehari untuk menempuh Bangkok, keesokan petang menjelang maghrib barulah aku menginjakkan kaki di ibukota Negeri Siam.

Ceritanya seru, tapi nanti dulu. Ini aku selesaikan dulu tantangan pertamaku dulu. Berada di Bandara Utapao, bandara kecil milik militer Thailand yang sedang membangun menjadi bandara komersial. Flight-ku adalah yang terakhir malam hari itu. Petugas bandara, karyawan-karyawan kios, semua berkemas. Lampu dikurangi, pintu-pintu ditutup. Yang ada hanya tentara berjaga. Yah, karena memang ini lapangan terbang milik tentara.

Aku sebenarnya sudah berniat begadang menunggu bus paling pagi ke Bangkok. Welah, tak disangka ternyata tak ada satupun kedai junk food atau minimarket 24 jam untukku nongkrong di sini. Bagaimana ini? Mana Taksi sudah habis pula.

Ditengah kebingunanku malam hari itu, setelah hampir sejam beranjak, akhirnya Tuhan turun langsung menangani penumpang terakhir di Bandara Utapao. Ada seorang karyawan yang baru selesai berkemas bersiap akan pulang tiba-tiba manyapaku. Tidak seperti kebanyakan petugas lainnya, dia bisa aku ajak bicara Bahasa Inggris. Syukurlah.. 

Lalu anak muda ini, bersama seorang kawannya berbaik hati mencarikan solusi untukku. Mereka menawarkan diri untuk mengantarku keluar dari bandara menuju ke kota terdekat, kota Sattahip. Sekitar 7 km aku membonceng, dicarikan oleh mereka sebuah penginapan, aku memutuskan bermalam. Menunggu pagi menjelang. 

Dua anak muda baik ini tak mau diberi ongkos. Padahal dia sudah melakukan misi penyelamatan dari resiko dikeroyok nyamuk, atau mati kutu menunggu pagi, atau diseret petugas keamanan. Terima kasih. []


Hall kedatangan U-Tapao, Pattaya Airport
Sebuah loket bus antar kota

No comments:

Post a Comment