3/29/16

Demam Hypnosis

Demam yang tidak disembuhkan bisa menjadi kebanjur, terlanjur. Ada yang demam hypnosis, lalu berhenti berkutat disana, lupa bahwa hypnosis hanya salah satu saja dari rekayasa psikologi manusia. Analogi kandang kambing, hypnosis hanya salah satu bahan pagar saja, untuk menjaga agar kambing tidak liar, tetap tertib sosial.

Hypnosis tidak membuat kambing memiliki cara berpikir yang lebih maju dibanding cara berpikir sebelumnya. Sehingga tidak ada kemungkinan di masa depan kambing akan tidak liar, walau tidak dibuatkan pagar.

Ada juga yang demam fisika quantum. Terlena bahwa fisika quantum sebetulnya hanya tafsir subyektif seseorang yang mana tafsir tersebut ia ejawantahkan menggunakan term-term fisika. Mempelajarinya tanpa bingkai ketunggalan, kemanunggalan, wahhada, yuwahhidu, tauhidan berpotensi membuat kita blunder sendiri pada kepentingan-kepentingan pendek semata.

Analoginya, kambing mungkin masih bisa diajak memahami bagaimana mekanisme alam semesta mendatangkan seonggok pakan. Tapi tanpa bingkai tauhid, kambing tidak ada kemungkinan untuk memahami untuk apa ia berada dan untuk apa ia harus memakan pakan.

Dan masih banyak jenis demam-demam lainnya, demam berpergerakan, demam berdakwah, dll.

No comments:

Post a Comment