7/18/16

#5 Serba Babi

Meski Muslim adalah penduduk minoritas, tetapi sejumlah masjid-masjid besar dapat kita jumpai di pusat-pusat keramaian di Kota Bangkok. Aku hanya sempat mengunjungi satu masjid di Kota Bangkok, Masjid Java namanya. Masjid ini terletak di tengah pemukiman Muslim Melayu. Selain Masjid Java, aku juga sempat tahiyatul masjid di masjid agungnya Kota Pattaya. Sebuah masjid megah yang terintegrasi dengan kompleks sekolah Islam.

Berada di kompleks tersebut tentu saja tidak sulit mencari makanan halal. Berbeda dengan di tempat selain kompleks Muslim, makanan di Thailand didominasi dengan menu yang serba babi. Mata harus jeli sebelum memilih masuk ke sebuah warung makan. Bukan hanya makanan berat, snack-pun harus hati-hati. Aku sempat kecele membeli camilan coconut chip bumbu daging babi. Untung tak sampai dimakan.

Tips mencari makanan halal adalah carilah warung makan yang penjualnya Muslim. Bisa dilihat muka penjualnya, apakah Melayu ataukah Timur Tengah. Apalagi kalau diantara mereka ada yang memakai peci atau kerudung. Amanlah kita makan di situ. Namun, jika kita berada di kompleks yang tidak ada Melayu dan Timur Tengahnya, sementara perut keroncongan tidak bisa ditahan, maka kalau ijtihadku adalah dengan mencari restoran waralaba global. KFC, McD, BurgerKing. Atau minimarket macam Seven Eleven. Kalau tidak sreg dengan menu goreng-gorengan dan daging-dagingan, kita bisa pilih roti-rotian, tapi pastikan selainya nggak neka-neko.

Di perhelatan Thaifex, halal menjadi isu utama yang diangkat bersamaan dengan isu organic. Produk yang berlabel halal dan bersertifikat organik dari dua ribuan booth yang ada di expo kali itu menjadi primadona dan diberi space display tersendiri. Yah, bagaimanapun halal adalah nilai lebih, meskipun bagi para buyer dan trader non-Muslim.



2 comments:

  1. terimakasih sudah berbagi pengethuan,,sangat bermanfaat nihh kalo mau liburan ke luar negeri,, Nice post
    ST3Telkom

    ReplyDelete
  2. Terimaaksih informasinya . .

    http://St3telkom.ac.id

    ReplyDelete