4/20/15

Kalau Indonesia Krisis Pangan

Orang-orang yang tinggal di pulau-pulau kecil di sekitar Madura tidak doyan ikan lele dan gabus. Disana banyak ikan-ikan yang lebih gemuk berisi dan lebih lezat yang saking berlimpahnya jadi tak laku diperjualbelikan. Begitu juga orang di pedalaman papua, ikan bergizi tinggi dibakar dengan singkong aduhai lezatnya.

Di pantai-pantai Kebumen, ada species lucu bernama Utuque (baca : yutuk) atau undur-undur laut yang bisa digoreng krispi, asam manis, saos tiram atau dibikin peyek. Di lereng gunung andong kobis & kentang dijual super-murah kepada para pendaki & peziarah.

Kalau besok-besok Indonesia pimpinan nasional oleng, negara chaos, krisis pangan. Maka penduduk di pelosok masih bisa makan untuk sekedar survive. Makan dari hasil bumi yang tumbuh tanpa dirawat, ikan yang berlimpah tanpa menebar benih.

Mari kita kenali sumber daya alam bekal hidup dari Tuhan yang ada disekeliling kita. Belajar makan wortel, belajar doyan ubi jalar, belajar doyan mengkudu. Agar bisa survive ketika masa sulit datang nanti. Setidaknya menggu sampai Imam Mahdi dibai'at didepan Ka'bah

No comments:

Post a Comment