2/11/13

#f13 : fungsi mandi


saat kita stress, inspirasi kita akan buntu. betul?  saat kita relaks, inspirasi kita akan mengucur seperti kran. betul? kita semua faham itu, lalu, karena kita punya uang, kita memilih berbondong-bondong ikutan seminar hipnosis. tujuannya agar di-uyakuya-i sama trainer, lalu kita tertidur seperti di TV itu, dan dalam tidur kita itu kita akan menemukan inspriasi yang kita cari.

itulah peradaban modern, setelah pendidikan dan kesehatan dijadikan komoditas industri, sekarang untuk relaks saja orang harus bayar mahal.

hipnosis itu bukan seperti yang dilakukan uya kuya di TV. kedok ini terbuka pertama ketika saya ikut pesantren hypnoterapi di Pati, cukup intensif waktu itu saya mendapati materi substansi hipnosis dan hypnoterapi dalam artian dan fungsi yang sebenarnya. yah, ternyata hipnosis itu ilmu kearifan lokal, kearifan leluhur yang sangat adiluhung, bukan cuma sekedar tontonan dan gaya2an.

kedua, kedok uya kuya terbuka di sebuah tulisan yang membandingkan tentang perilaku uya kuya dan alm Gusdur. ditulisan itu dijelaskan bahwa gusdur mempunya kemampuan mengeliminir rasa sakit saat darahnya mengucur akibat kejepit pintu, dan teknik mengelimir rasa sakit itu dijelaskan oleh sang penulis bahwa itu ilmiah2 saja, bukan karena dia orang sakti atau bagaimana. yakni teknik self-hipnosis. pertanyaannya, apakah uya kuya bisa? sedangkan gusdur bisa. jadi pakar hipnosis siapa ?uya kuya atau gusdur.

ketiga, saat uya kuya diundang di talkshonya sule dan andre, andre ditidurkan oleh tekniknya uya kuya dan kemudian dalam tidur dia cengengesan karena digodain sule. wah, ketahuan deh pura2 belaka..

oke, setelah berpanjang lebar, mengerucut ke inti : bahwa, self hipnosis itu adalah ilmu luhur turunan nenek moyang, dan itu bukan ilmu yang utopis untuk kita kuasai.

salah satu tekniknya adalah dengan shower therapy. gampangnya begini deh, kamu pergi ke kamar mandi, telanjang, mandi dah dibawah sower diniatkan untuk relaks. nikmati air shower, mainkan sabun, dan lepaskan dirimu untuk semakin relaks. coba saja, lalu perhatikan apa yang terjadi?

ya, mandi, adalah salah satu tools yang bisa digunakan untuk self hipnosis, memasuki dimensi rileks, dan memborong inspirasi-inpsiriasi yang banyak dan yang hebat dari dimensi itu. jadi, terlalu cethek kalau menganggap mandi hanya untuk membersihkan kulit badan.

No comments:

Post a Comment