2/2/17

#4 Batu Caves

Penduduk Kuala Lumpur cukup beragam, akan sering kita menjumpai mereka yang berparas Melayu, juga ada China dan India. Ya, di metropolitannya Malaysia ini memang ada banyak bangsa-bangsa yang tinggal disana. Tak ubahnya seperti di Indonesia, bahkan lebih beragam di kita : Melayu, China, India, Batak, Sunda, Jawa, Madura, Bugis, Ambon dan banyak lagi lainnya.

Di Kuala Lumpur, ada tempat yang kalau kita menuju kesana, kita berasa masuk  ke film-film India. Batu Caves namanya. Tempatnya sangat mudah diakses, hanya setengah jam perjalanan KTM Commuter  dari KL Sentral. Merupakan kompleks kuil yang terintegrasi dengan wisata alam berupa bukit kapur.

Patung-patung Dewa-Dewi dalam ukuran besar berada di sisi bukit. Wisatawan yang datang biasanya tak puas jika tak mendaki bukitnya juga. Sudah ada undak-undakan untuk menaiki bukit. Kalau eskalator atau elevator belum ada.

Di atas bukit kita bisa melihat pemandangan kota, melihat patung-patung, juga ada kera konservasi. Walau menurutku, belum sebanding perjuangan mendaki sekian ratus anak tangga, dengan ekspektasi yang aku harap dapatkan di atas sana.


No comments:

Post a Comment