10/30/10

Waljinahan

Pagi-pagi nyetel Winamp, muternya lagu-lagu cerianya Waljinah. Asyik ndes... Kalau kemarin seharian muternya Basanova, lagu Jawa yang di Jazzkan. Setelah mendengar LIVE suara gending saron-nya Kiai Kanjeng kemarin saya betul-betul terpukau dengan keindahan karya cipta orang Jawa, salah satunya musiknya.

Eits, jangan antipati dengan yang namanya budaya dan tradisi, sedikit-sedikit bid'ah. Bid'ah itu di ranah rukun Islam. Kalau menyenggol sedikit budaya njur langsung skeptis, yang namanya tiap pagi Anda beol dan kalau tidak beol perut Anda mules, itu juga bentuk tradisi budaya lho.

Jangan hukum vertikal digunakan untuk nyacag-nyacag perihal yang ada di zona horizontal, mundak kurus kamu. Yah, jadi nglantur saya, yang jelas I LOVE JAVA. Nanti Biro Wisata saya namanya Mocopat Tour, Armada Busnya diambilkan dari nama-nama Sekar Macapat, ada Maskumambang, Asmarandana dan sebagainya. Syukur pisan bisa beli trayek Purwokerto Semarang dan Purwokerto Cirebon.

Nanti juga kalau butuh nama lagi, saya mau ambil dari leluhur saya, dari Ronggowarsito sampai Condrolukito, dari Raden Patah sampai Adipati Mrapat. Orang Jawa itu hebat-hebat, selain yang jadi politikus. Mau melanjutkan Waljinahan dulu...

Sugeng midangetaken...

Orang Pinter ngajeni Gamelan, Orang Pekok nyepelin Gamelan

No comments:

Post a Comment