5/6/10

Kalau Mau Efektif, jangan Buat Rencana Pagi-Pagi!

Capaian, impian, target, perolehan... yah, apapun istilahnya itu biasanya ada di dimensi fisik kita, bukan didimensi quantum. Oleh karena itulah, kerja cerdas tidak bisa menjadi penukar kerja keras bagi seorang pemburu keberhasilan.

"Efektivitas kerja tidak bergantung pada ketersediaan (alokasi) waktu, tetapi pada ritme yang kita bangun".Dalil May Way Rizky ayat (1)


Apa maksud dalil di atas? Ya, kalau mau efektif, jangan buat rencana pagi-pagi!. Mengapa? Begini, sering tidak kita, pagi-pagi membuat rencana, lalu saat hendak melaksanakannya di jeda "istirahat dulu ah", hingga adzan Dhuhur berkumandang, ternyata belum mengerjakan apa-apa, hanya berkata "lho kok cepet banget ya sudah tengah hari", begitu sampai malam, ternyata keindahan rencana kita tidak serupa dengan hasil yang kita peroleh.


Ya, pagi-pagi itu bukan waktunya membuat rencana, pagi-pagi itu waktunya membangun ritme. Ini memang tips terlihat konyol, tapi coba praktekkan si, ketika Anda sedang ditimpuki serangkaian pekerjaan padat, atau akan ada acara penting, misal ujian bagi mahasiswa atau training bagi trainer, cobalah sibukkan waktu pagi Anda. Sibukkan dengan apa saja, dengan menyapu rumah, mencuci motor, lari pagi, menyiram tanaman, dan sebagainya sekalipun pekerjaan-pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan prime time agenda Anda hari itu. 


Hm, apa gunanya, bukannya itu malah bikin capek? Tunggu dulu... itulah yang namanya membangun ritme, ketika dari pagi tubuh Anda sudah diadaptasikan dengan pekerjaan yang tap tap tap tap... disitulah enzim dan hormon akan membangun sebuah pola yang indah untuk hari yang indah Anda itu. Sederhananya, karena Anda sudah membangun ritme sibuk, maka tubuh Anda akan nyaman dengan kesibukkan, dan efektiflah hari Anda.


Bisa diterima?


Lalu, kita tidak usah membuat rencana? target? proposal hidup? Hm... siapa bilang? perhatikan judulnya : "Jangan buat rencana pagi-pagi...", buatlah rencana di malam sebelumnya, Otre?


Pagi-pagi adalah saatnya membangun ritme. Itu kiat membangun hari yang efektif, sehingga dimalam harinya Anda review "seharian saya sudah ngapaian aja ya?", Anda akan bangga dengan sepak terjang Anda sendiri.

No comments:

Post a Comment