5/12/10

Menjadi Kopasus

Hebatnya pasukan elite yang Indonesia miliki, dalam deretan terbaik dunia posisi pertama di tempati SAS (Inggris), peringkat kedua MOSSAD (ISRAEL) lalu peringkat ketiga adalah KOPASUS (Indonesia). Ya, urutan ketiga.

Seorang teman terbaik saya cerita kemarin, dia pernah dilatih oleh pelatih dari Kopasus, di tengah-tengah latihan ia ditunjukki bagaimana Kopasus in Training, "brutal!", ya begitulah latihannya Kopasus. Baru datang ke tempat latihan dipukul oleh instrukturnya satu-satu, bukan pukulan basa-basi, tapi benar-benar bukan pukulan biasa.

Ada sesi latihan dimana seolah ia ada di camp tawanan, dan dia dipukuli dengan pralon besar berisi semen. Ada sesi latihan dimana ia harus berlari dari Bandung hingga Pangandaran dengan waktu tidur hanya 2 jam sehari, selama berhari-hari hingga kulit kakinya bukan lagi lecet, tapi sobek.

Ada sesi latihan survival di hutan berular phyton, hingga mendesaknya keadaan dan laparnya perut, bahkan ular phyton yang besarnya segitu, yang biasanya bisanya cuma ditangkap rame-rame atau minimal berdua ia bisa tangkap sendiri, agar bisa makan.

Ada sesi dimana ia harus merayap sambil dihujani peluru, meleset sedikit saja dari instruksi, peluru menembus badannya, nyawa taruhannya. Dan entah seberapa banyak lagi kisah brutal yang belum teman saya ceritakan tentang perjalanan menjadi kopasus ini.

Namun begitulan, kebiasaan dipukuli dengan keras membuat ia kebal ketika harus dipukul musuh, ketika di dalam tawanan lawan dan untuk survive di hutan belantara. Itulah yang dikagumi oleh dunia terhadap Kopasus, mereka hebat bukan karena mengandalkan senjata, tapi olah tubuh dan kekuatan karakternya yang luar biasa.

Harus mau dipukuli keadaan, harus mau dihujani peluru cercaan, harus bisa tetap survive ditengah hutan rimba kesulitan. Itu kalau mau berhasil... dimanapun.

4 comments:

  1. AWAN MANSUR AL HALLAJFebruary 10, 2011 at 5:18 PM

    AKU BANGGA PADA INDONESIA ,KOPASSUS KUPAS KEJAHATAN YANG ADA DI INDONESIA INI HINGGA TUNTAS

    LOMBOK INDONESIA

    ReplyDelete
  2. waw, kopassus is the best...
    bangga indonesia punya kopassus.

    ReplyDelete
  3. KEHORMATAN SEBAGAI DASAR
    KOMANDO

    ReplyDelete