7/17/10

Ada Hak Mereka di Kita

Waktu, keahlian dan ide-ide yang mungkin bagi kita biasa saja, bisa saja berarti begitu istimewa bagi mereka. 




Sebuah panti asuhan beberapa waktu lalu menghubungi kami, meminta kami berbagi tentang jurnalistik dan ilmu-ilmu lainnya agar putra-putri di panti asuhan tersebut nantinya bisa membuat mading (majalah dinding) untuk kalangan mereka sendiri.

Dari permintaan tersebut, terpikirlah hal : Pertama, ternyata sesuatu yang kami anggap remeh selama ini, keahlian kami sekedar menggunting sterefoam, meramu artikel dari hasil googling dan mencetak dokumen dengan mesin bernama printer apabila dibagikan banyak diluar sana yang membutuhkan. Panti asuhan tersebut hanya satu diantaranya.

Demikian pula waktu kita, tiga jam yang biasa digunakan untuk bersantai-santai apabila diberikan untuk mereka ternyata bisa menjadi sangat istimewa. Begitupun dengan ide kita, ide yang hanya kita simpan dan kita anggap remeh, apabila dibagikan kepada mereka bisa jadi ada begitu banyak tangan yang siap bahu membahu mewujudkannya.

Kedua, dengan segala keterbatasan kami, kami berkeyakinan bila berbagi sendirian itu baik, maka dengan mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk bersama-sama berbagi pasti akan berlipat-lipat jauh lebih baik.

Melatih teknik membuat mading itu baik. Melatih teknik membuat mading dengan memberikan pelatihan tambahan berupa motivasi-meraih-mimpi, itu lebih baik, karena mereka bukan hanya akan menjadi tahu cara membuat mading tetapi juga tahu apa yang akan dituangkan untuk mading itu sehingga bisa berkelanjutan tanpa pernah kehabisan materi.

Dan melatih membuat mading, memberikan training inspirastif-motivasional ditambah lagi memberikan suguhan logistik untuk konsumsi, itu semakin baik lagi, karena materi yang baik akan didukung oleh konsentrasi dan antusiasme yang baik pula bila dibandingkan dengan penerimaan materi tanpa konsumsi.

Dan bila tidak hanya tiga hal di atas yang diberikan, apabila dibekalkan pula perkakas dan bahan-bahan untuk membuat mading, maka akan semakin berlipat lagi bukan baiknya? Kemudian  keempat  hal itu dilaksanakan lagi dengan penyempurnaan di tempat lain, sedangkan sudah ada satu yang berhasil, maka di tempat lain akan menjadi lebih baik lagi, karena sudah ada contoh yang bisa dilihat yang semakin memacu semangat mereka. 

Oleh karenanya, kami bermaksud memenuhi undangan panti asuhan tersebut untuk memberikan pelatihan praktikal membuat Mading sekaligus pelatihan inspirasi-motivasi. Dan melalui catatan pendek ini kami bermaksud mengajak rekan-rekan semuanya yang jauh maupun dekat untuk ikut berpatisipasi dalam bentuk kehadiran dan dukungan finansial untuk bersama-sama kita bersinergi sehingga terlipatgandakanlah nilai baik dari program yang baik ini.

Dukungan finansial untuk konsumsi dan logistik, untuk belanja perkakas dan buku-buku inspiratf  untuk sumber inspirasi mereka bukan untuk membiayai trainer. Dukungan finansial untuk memodali mereka membuat mading yang elegant, yang membuat mereka bangga akan karya kreasi mereka sendiri. Kelebihan dana akan digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan serupa dan mudah-mudahan lebih sempurna di panti asuhan lain untuk kegiatan sosial berkala kami.

Untuk akuntabilitas kegiatan, dokumentasi dan laporan keuangan akan diunggah dan ditransparansikan kepada public seusai acara. Dan nama baik pemilik blog ini sebagai garansi penyelenggaraan kegiatan ini.

Kegiatan akan diselenggarakan di Bulan Juli 2010 dengan waktu masih menyesuaikan persiapan-persiapan. Rekan-rekan yang berkenan hadir dapat melayangkan surel ke 12.izky@gmail.com untuk kemudian kami kirimi ketentuan waktu dan tempat pelaksanaan secara pastinya.

Donasi dukungan finansial teman-teman kami nantikan pada rekening kemi di bawah ini. Mohon konfirmasi ke alamat surat elektronik di atas setelah transfer. Berapapun nominalnya, penghargaan kami tetap yang setinggi-tingginya untuk rekan-rekan.

Kegiatan ini bukanlah kegiatan sosial pertama kami, namun kegiatan ini merupakan kegiatan pertama kami merangkul rekan-rekan untuk ikut serta berpatisipasi dalam bentuk donasi finansial. Kami sampaikan ajakan ini sebagai deklarasi atas keterbatasan kami, dan deklarasi atas keinginan kami memberikan model "berbagi" yang terbaik, yang betul-betul optimal terasa manfaatnya oleh mereka, bukan sekedar berbagi alakadarnya.

Regards,



RIZKY DR

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lampiran :
Pengisi Acara



Kerfesta "Iche" Marpaung. Guru Sekolah Dasar, Pembimbing senior dan Juri berbagai kompetisi Mading. Salah satu asuhannya adalah tim Mading SMAN2 Purwokerto.

Arif Sugiharto "Pangeran Motivasi", Trainer Pengembangan Diri dan aktif di kepengurusan organisais kepemudaan Fosma 165. Salah satu produk trainingnya MVT (Mission & Vision Training), sebuah training dengan metode khusus : menulis aktif dan berbagi (sharing).





Rekening untuk donasi :
Bank Syariah Mandiri nomor 1777-01-7991 atas nama RIZKY DR. kami tunggu sebelum 25 Juli 2010 atau sesegera mungkin atau menghubungi kami bila lewat batas tanggal tersebut.


Catatan :
Kegiatan ini murni sosial, bersifat independent, 100% tidak ditumpangi kepentingan apapun

1 comment:

  1. undangan : setiap Minggu pagi, mulai tanggal 18 Juli 2010 jam 8 pagi, ada kumpul2 blogger Banyumas di dekat tiang bendera, alun-alun Purwokerto.)

    *ditunggu kehadirannya* :)

    ReplyDelete