5/14/10

Sebelas Pohon Durian

Ketekunan diibaratkan seperti seseorang yang hanya memiliki sebuah sendok teh, dia memindahkan pasir dari pantai ke daratan dengan satu sendok teh itu. Terus ia lakukan waktu demi waktu semakin cepat langkahnya. Ada yang mengiming2in kesibukan lain, dia abaikan. Ada yang mencaci menyalahkan, ia tutup kuping, pokoknya terus saja. Sampai akhirnya peribahasa "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" akhirnya pun terbukti.

Sedangkan keberuntungan itu seperti seseorang dan sepuluh orang teman lainnya berdiri di masing-masing pohon dari 11 pohon durian yang sudah ranum berbuah. Tidak ada yang bisa menebak durian akan runtuh di pohon siapa. 

Yang memilih tekun, kuncinya adalah terus saja berbuat. Dan yang memilih keberuntungan apakah cukup dengan berdiri berpangku tangan saja? Tidak, keberuntungan hanya milik orang-orang yang memiliki kesiapan. Tanpa menyiapkan diri dengan kecepatan berlari dan teknik mengupas durian, sekalipun durian jatuh di pohon yang ia tunggui, bisa-bisa orang lain yang akan menangkap, mengupas dan memakannya.

2 comments: