4/16/12

TEDx Independent?

Apa pendapatmu tentang TEDx?

TED event pertama diselenggarakan di california. Sekarang sudah menyebar di ratusan kota. x dalam kata itu diartikan sebagai independet event.

Pertanyaannya, apakah independent itu? Independent dalam arti awam adalah tidak ada kepentingan, netral begitu saja. Tapi, pada kenyataannya, independent, adalah, bebas disetir sesuai keinginan si pembuat event.

Agak tersentak kemarin, kenapa yang diangkat di TEDx Purwokerto adalah fotografer glamour? sementara audience dan panitianya separoh lebih yang cewe berjilbab?

Atau rekaman di sebuah TEDx event di Jakarta, kenapa seorang Musdah Mulia dijadikan speaker?

Bugil itu keindahan loh, gender similarity itu sesuatu yang wajib diimani loh, dan seterusnya, paradigma seperti itu sepertinya yang sedang dicoba diperjuangkan untuk diterima sebagai sebuah kewajaran oleh audience TEDx.

Ya, TEDx independent, sama seperti independentnya pisau. Pisau itu independent, bisa digunakan untuk mengiris bawang, bisa juga digunakan untuk menusuk orang, tergantung yang menggunakannya.

Okelah, berhati2lah, filterlah, milikilah akal sehat yang mampu mengelaborasi, setiap kali mengikuti event2 sekalipun dengan jargon independent. Karena, kalau kita ikut kampanye PDIP yang jelas tidak independent, tujuan dari event kampanye itu jelas : agar kita memilih Megawati. Tapi kalau sebuah event mengatakan dirinya independent, pandai-pandailah mencium-cium ada motif tersembunyi apa dibalik penyelenggaraannya.

Selamat belajar!

1 comment:

  1. YUP SETUJU...

    MEREKA PRODUK BARAT.....

    JADI YG DIANGKAT ADALAH HAL2 YG MARGINAL...

    HATI HATI...

    ReplyDelete