7/25/12

#4 Ramadhan : Pembelajaran Motorik

Kata Cak Nun di forum Kenduri Cinta, pendidikan yang pertama-tama diajarkan kepada anak-anak kita adalah motorik, yang kedua kemudian disiplin atau menahan diri.

Motorik itu berkait dengan alat gerak dalam tubuh kita. Jadi, ingat pendidikan yang diajarkan Nabi SAW : berkuda, memanah dan berenang.

Bukan, berkuda, memanah dan membaca. Atau bukan berkuda, menulis dan menghafal. Atau bukan juga Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika.

Berkuda itu berhubungan dengan tangan dan kaki, memanah itu dengan kepala dan tangan, berenang itu melibatkan semua organ tubuh. Maka pendidikan modern sudah salah kaprah. Bukan hanya yang disekolahan, tapi juga dirumah.

Anak jaman dulu, sedari kecil sudah dibiasakan untuk tumandang, ngiris bawang-brambang, nggoreng sega, asah-asah, nyapu latar, dst, itu semua terkait dengan pembelajaran motorik. Anak jaman sekarang, bantu-bantu pembantu masak saja enggak boleh, takut PR nya nggak rampung.

Jadi, kalau anak Anda bertanya, "Ayah, kenapa si aku kok diajari berkuda, kan sekarang jamannya sepeda motor?!", atau "Ayah, kenapa si aku diajari memanah, kan sekarang jamannya PES?", atau "Ayah kenapa si aku diajari berenang, kan disini padang pasir, enggak ada kolam renang?" Jawabnya adalah, karena pendidikan yang pertama-tama adalah motorik.

Itu mungkin yang ingin Nabi SAW sampaikan, hanya saja kan lucu kalau waktu itu sudah keluar ucapan : motorik. Sehingga Nabi SAW pun menggunakan metode mengajarkan yang lebih sederhana.

Jadi sekarang, berikan ruang yang lebih luas agar anak-anak bisa mengasah motorik mereka, kasih pekerjaan dapur, kasih alat pel, kasih genteng kalau perlu buat dia pasang. Biar anak setelah dewasa nanti bisa tumandang

No comments:

Post a Comment