7/24/12

#3 Ramadhan : Ramadhan Bulan Pancingan. Maksudnya?

Yang paling tahu diri kita, ya siapa lagi kalau bukan yang menciptakan kita. Begitulah bulan Ramadhan dilaunching melalui Rasulullah SAW dan masih ada sampai 500.000 hari sesudahnya bahkan hingga saat ini sebagai bulan spesial bagi kita.

Sebuah ilustrasi : Ada seorang bapak yang menawari iming-iming kepada anaknya yang malaas sekali : Nak, minggu ini adalah minggu spesial, kalau kamu mau bersih-bersih rumah, uang sakumu bapak naikkan jadi 10x lipat. Teruuus, ada 1 dari 7 hari yang bapak pilih di minggu ini yang kalau bapak lihat kamu rajiin sekali membersihkan rumahnya, bapak akan belikan kamu iPad yang harganya 1000 kali lipat dari uang jajanmu biasa.

Begitulah karena tawaran spesial itu, si anak jadi rajin bersih-bersih rumah. Apa harapan si bapak dengan keluar modal memberikan imbalan spesial begitu? Harapannya adalah setelah selesai minggu spesial itu, sudah terbentuk dalam diri si anak kebiasaan untuk bersih-bersih rumah secara otomatis.

Kira-kira begitu Ramadhan diprogramkan Allah, karena tahu hamba-hambanya banyak yang menyerah oleh iming-iming dunia, Allah berikan BIG SALE pahala agar kita teriming-imingi untuk meng-elevate kegiatan ibadah kita. Harapannya, setelah bulan dengan iming2 10 hingga 1000 kali lipat bahkan lebih ini, autopilot dalam tubuh kita sudah teraktivasi lagi, intensitas ibadah kita jadi lebih banyak tapi tetap enteng sesudah ramadhan. Itulah yang disebut derajat taqwanya meningkat.

Jadi, manfaatkan kesempatan di bulan pancingan ini, pertama untuk mendulang pahala sebanyak-banyaknya, untuk mendapatkan diskon dosa besar-besaran sekaligus untuk membentuk kebiasaan beribadah dengan intensitas yang lebih, lebih dan lebih...

Jangan salah kaprah makanya mengartikan Ramadhan sebagai bulan suci. Karena bulan suci, warung di sweeping, diskotik di grebek, selesai Idul Fitri maaf-maafan, dan minum2an, wanita2an dimulai lagi dah... Hehey, semua bulan itu suci, mana coba bulan yang tidak suci?

Ramadhan, yang lebih tepat disebut daripada bulan suci adalah bulan spesial. Karena semua amalan dispesialkan, + ada banjir ampunan, masih + lagi ini adalah bulan bentuk Kasih Sayang & ke-Maha Tahu-an Allah tentang cara mengupgrade kualitas hamba-hamba-Nya

Selamat membentuk kebiasaan baru di bulan spesial ini, kalau kata ahli psikologi, butuh 21 hari, nah ini ada 29 hari,  lebih dari cukup untuk membuat kebiasaan baru itu terautomatisasi sesudah Ramadhan selesai besok..

No comments:

Post a Comment