7/28/12

#6 Ramadhan : Tuhan itu NU apa Muhammadiyah yah?


Tahun ini 1 ramadhan terbagi dalam tiga kelompok besar, ada yang sama dengan ketetapan menteri Agama, NU salah satunya. Ada yang sehari mendahului, yakni Muhammadiyah. Dan golongan yang ketiga adalah yang beda dengan NU dan Muhammadiyah.

Kalau 1 Ramadhannya berbeda, lalu, bagaimana dengan malam Lailatul Qodr-nya ya? Lailatul Qodr menurut riwayat jatuh pada malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir Ramadhan, atau orang jawa menyebutnya sebagai 'malem likuran'.

Nah, tahun ini, malam Lailatul Qodr akan jatuh pada malam ganjilnya NU, apa malam ganjilnya Muhammadiyah yah? Wah, kita tidak bisa spekulasi tentunya, karena rumusan penentuan malam Lailatul Qodr tidak bisa diteropong, atau dihitung secara astronomis untuk menentukan kapan jatuhnya.

Untuk amannya, ya sudah 10 hari di full aja munajatnya, jangan dipilih-pilih malam ganjil saja. Nanti kalau ikutnya patokan ganjil NU, ternyata Allah ikutnya kalender Muhammadiyah bagaimana? Nah, kalau ikutnya patokan ganjil Muhammadiyah, ternyata Allah patokannya kalender NU bagaimana?

No comments:

Post a Comment