1/5/13

#f1: barter

model praktek keuangan modern sekarang ini, nilai uang itu merosooot terus. segala sesuatu jadi semakin tak terjangkau. 

maka sekarang ada pelatihan khusus tentang praktek ekonomi yang menguntungkan kita semua, ternyata ini praktek primitif. primitif tapi canggih, yakni barter. 

barter itu benar-benar menguntungkan, beda dengan gaya hidup kapitalistik sekarang yang mana korporasi besar jadi penampung uang, dan kita orang-orang khalayak ramai jadi penyumbang uang. karena dipaksa oleh budaya ekonomi dimana kita harus menyumbang uang untuk korporasi besar, maka kita harus terus cari uang kan? caranya bagaimana? dengan jadi buruh... diperbudak oleh dunia.

sistem barter tidak begitu. misalnya, barter sewa tempat dengan si penyewa tempat dikasih sofa. barter jasa pelatihan dengan voucher makan gratis, misalnya.

kenapa barter menguntungkan? karena yang dipertukarkan, yang ditransaksikan, bukan nominal formal. tetapi di dalam nominal yang menjadi kesepakatan, masing-masing pelaku barter memiliki spare margin keuntungan. jadi kedua belah pihak sama-sama mendapat laba. sama-sama membeli, sama-sama menjual. 

betapa lebih berfungsinya barter untuk menggerakkan sektor riil dan pertumbuhan ekonomi, kalau itu dilakukan semakin massal dan semakin massal

No comments:

Post a Comment