1/11/13

#f5 : mencari diluar

pelatihan, pengajian, ceramah, pencerahan, sering kita ikuti. apa harapannya? harapannya adalah menemukan jawaban pertanyaan dan persoalan tentang diri kita. kenapa mencarinya diluar? apakah memang jawabannya ada diluar diri kita?

padahal jawaban tersedia di dalam diri. kita enggan mencarinya ke dalam hanya karena kalau diluar sepertinya mudah, karena kita tinggal mendengarkan, manggut-manggut dan sesekali menangis. sementara kalau mencari ke dalam, kita harus mencapai kondisi meditatif, khusyuk, senyap.

sementara kita tidak terbiasa dengan itu semua, hening sedikit pasang earphone. nganggur sedikit update status. pegang tasbis jadi kontroversi, lebih nggenah pegang gadget mainkan games.

jadi ingat kisah abunawas, dia kehilangan kunci di dalam rumah. karena rumah gelap. dia pergi ke halaman, lalu mencari kunci itu di halaman. seorang kawan abunawas datang melihat yang dilakukan abunawas, diapun tergerak membantu. setelah sekian lama kunci tidak ketemu, si kawan itu bertanya ke abunawas : memang tadi kuncinya hilang dimana? abunawas menjawab : kunci hilang di dalam rumah tadi.

lalu kenapa kamu mencari di luar rumah? tanya si kawan lagi. abunawas menjawab, karena di dalam gelap, diluar kan terang, jadi lebih mudah mencarinya.


No comments:

Post a Comment