9/8/11

Staf Ahli Mahasiswa

Dengan bayaran kampus 4 juta per semester misalnya, sebetulnya seorang mahasiswa bisa mengangkat satu orang staf ahli. Ya, digaji 600.000 lah untuk mengurus seluruh keperluan administrasi selama semester itu.

Lho, buat apa staf ahli? Tugas staf ahli adalah mengurus kuitansi keuangan, minta tanda tangan ke kurikulum, mengurus berkas-berkas di Bapendik, mencatat jadwal ujian dan banyak lagi tugas-tugas lainnya.

Mengapa staf ahli diperlukan? Staf ahli diperlukan karena dengan bayaran yang demikian mahal di kampus-kampus jaman sekarang, mahasiswa masih disarah-suruh seperti 'babu' seenaknya sendiri. Minta surat keterangan suruh minta tanda tangan dan cap sendiri, padahal itu kan bagian dari pelayanan. Untuk pengesahan KRS harus begini begitu prosedurnya, belum kalau mau skripsi dan mengurus kelulusan, diperbabu betul-betul itu. Dan anehnya mahasiswa mau-mau saja tidak protes. Itu satu bukti doktrinasi kampus sebagai sebuah agama baru berhasil ditanamkan dengan gilang gemilang.

Kampus itu kan perusahaan, ya melakukan promosi dengan bikin billboard besar. Melakukan branding yang namanya akreditasi. Ada manajerial keuangan, ini tahun ini biaya naik berapa, operasional berapa, gaji karyawan berapa, untung berapa, untuk pemegang saham (Yayasan) berapa. Dan sebagainya.

Jadi sebuah pembodohan kalau sebuah perusahaan kok menyuruh-nyuruh begitu klien2nya. Tidak ada kan pengacara yang memperbabu kliennya?

Perusahaan tanpa misi pelayanan akan collaps. Enggak percaya? Tunggu saja...


6:20
8 September 2011
L22


No comments:

Post a Comment