1/2/12

Siap Menang, Siap Kalah.

kalah kompetisi, itu tidak selalu berarti jelek. itu betul. karena itulah, lebih baik jangan ikut kompetisi, kalau masih mudah berkecil hati. Pa Ade Supriatna, projectnya namanya Bambu Indah Nusantara (BIN), mantap kali dia membuat papan sepertihalnya papan kayu, tapi bahan bakunya dari bambu yang di press.

Project sebagus itu, dan sudah berjalan. Belum lagi ada program yang keren banget, "tebang 1 bambu, tanam 2 bambu". Nah, sebagus itu tidak lolos di Community Entrepeneur Challange II kemarin. Bayangkan kalau Pa Ade berkecil hati, bisa-bisa patah semangat, terus kendor aksinya.

Tapi Pa Ade siap menang, siap juga kalah. Makanya tidak berkecil hati. Kita-kita yang sedang bernasib kalah juga harus mencontoh itu Pa Ade. Tetaplah apresiasi diri sendiri, berkecil hati itu tidak ada gunanya.

Satu lagi, ciri orang yang siap menang adalah dia kecewa ketika kalah. Tapi dia bisa mengendalikan kekecewaannya itu. Sehingga rasa kecewanya tidak destruktif, tidak menjadi bibit kecil hati. Tapi orang yang tidak siap menang, dia akan berdalih "ah, saya nggak ngejar juara kok, yang penting kan ilmunya, yang penting networking", bisa jadi itu cuma kedok dibalik ketidak gentle-an menerima nasib.




No comments:

Post a Comment