9/1/12

Sisi Kontraproduktif

Selalu ada saja bagian gelap dari bulatan bulan yang tidak memantulkan cahaya matahari ke bumi. Begitulah setiap segala sesuatu ada sisi kotraproduktifnya..

1. Pengembangan Diri

Belajar rumus-rumus sukses pengembangan diri seperti membaca peta, kalau terlalu sering membaca melihat peta, jadi tahu banyak hal, tapi jadi malas membuat langkah-langkah kecil. padahal pencapaian besar kan selalu dari langkah2 kecil.

Terlalu tekun menyerap ilmu motivasi, jadi etosnya bukan etos kerja, tapi etos hasil. Kalau mengerjakan ini, diukur dengan hasil yang besar, trus terasa tidak ada apa-apanya, walhasil jadi berat melakukannya. Ya itu sisi kontraproduktifnya.

2. Maiyah

Terlalu banyak maiyah dapat menyebabkan kanker, impotensi, gangguang kehamilan dan janin. Haha. Ya, karena diajak berani berpikir, yang tidak pegang kendali dengan baik bisa-bisa kebablasan. Jadi permisif, ini boleh dilakukan, itu boleh dilakukan. Makin parah jadi antipati, antipati pakai peci, antipati pakai baju koko.

Perlu diingat, sekalipun Cak Nun pernah jalan sama Ria Enes, tapi Noe, anaknya sangat strict menjaga perilakunya terhadap perempuan yang bukan istrinya. Sekalipun jamaah digiring untuk tidak membawa-bawa label Islami dalam pakaian mereka, tapi tetap kok yang di panggung maiyah pakai sarung, pakai peci selalu ada.

No comments:

Post a Comment