3/11/13

Pionering


dalam pramuka ada kegiatan namanya pionering. aku mengartikan secara bebas sebagai, "kegiatan perintisan" atau "penghadiran kebaruan". di gula, aku dan timku masih terhitung merintis, karena belum juga genap 2 tahun. aku hanya ingin berbagi betapa pentingnya jiwa pramuka yang diajarkan oleh (alm) Pak Diro pembina pramuka saat SMP dulu, bahwa ternyata jiwa pramuka juga harus ada dalam bisnis.

misalnya dalam kegiatan pionering gula ini. wong namanya merintis, ya enggak bisa langsung mudah, lancar, mulus semulus pahanya cherry belle. tidak bisa begitu.

pasti ada batu sandungan. yang harus kita akui bahwa sandungan itu berasal dari keterbatasan dan keburukan masing-masing diantara kita anggota tim. nah disinilah paradigma 80:20 harus kita pakai, jangan pakai paradigma hakim. kenapa? karena kita masih merintis. apa itu paradigma hakim? yakni kalau ada diantara kita yang bikin salah, langsung dihakimi, didakwa, divonis kemudian dihukum.

bukan begitu caranya. dalam fase merintis yang dipakai adalah 80:20. yakni 80% konsentrasi menjaga psikologis, dan 20% konsentrasi menjaga strategi. artinya, kalau ada yang bikin salah di bagian strategi, janganlah dilebar2kan ke sisi psikologi, nanti koreng seujung kuku bisa jadi panu sebadan. karena psikologi adalah dominan dan strategi adalah resesif.

kalau memang permasalahannya di strategi, ya sudah back up saja, ambil alih, tegur, perbaiki, restart program, instal ulang system, kembalikan ke relnya. make it simple lah.

No comments:

Post a Comment