11/15/09

Berdamai dengan Kekurangan Diri Sendiri

BERDAMAI DENGAN DIRI SENDIRI

Mari kita review dulu pembahasan kita tentang berdamai dengan diri sendiri beberapa waktu lalu.

Yah, kekesalan, sakit hati, kemarahan bahkan kebencian terhadap orang lain seringkali dibuntuti dengan serentetan tuntutan agar orang lain mau berbaik sikap dan berbaik hati agar permasalahan hati itu selesai.

"habis dianya si begini begini", "ya dia harus begitu begitu donk" dan seterusnya. Hm, apakah selesai permasalahan dengan seperti itu? Hm juga, kalaupun selesai, apa yang patut dibanggakan dari satu kejadian, dari satu masalah, dimana tidak ada imbas apa-apa terhadap perubahan dalam diri kita, tetapi malah orang lain yang berubah?

Berdamai dengan diri sendiri, berdamai dengan kekesalan dengan mengatakan "tidak ada sikapnya yang pantas untuk membuatku kesal", berdamai dengan mengatakan "sakit hati itu hak prerogatif saya, mulai hari ini saya memilih untuk tidak sakit hati lagi", berdamai dengan mengatakan "saya pribadi yang bebas, saya bebaskan diri saya untuk mengubah kebencian menjadi kasih sayang."


Damaikanlah egomu yang mudah kesal, damaikan jiwamu yang terlalu peka untuk sakit hati, damaikan hari-harimu dari perasaan benci yang hanya memberatkan.

Berdamai dengan diri sendiri, akan memungkinkan apabila kelak dikemudian hari lahir konflik-konflik yang sama bahkan sedikit lebih besar, kita bisa menyikapinya secara lebih dewasa, lebih smart.

BERDAMAI DENGAN KEKURANGAN DIRI SENDIRI

Setiap pribadi adalah pemimpin, buktinya, setiap orang memiliki hak untuk menentukan pilihan dengan pertimbangannya masing-masing. Oleh karenanya itu, berapa sering kita baru saja memutuskan ini, eh beberapa detik berlalu langsung berubah pikiran memutuskan yang berbeda? Itulah saking leluasanya kita dalam hal hak menentukan pilihan.

Pemimpin, demikian juga pemimpin besar, mereka yang berhasil bukanlah pemimpin yang tidak punya cela yang bersumber dari kekurangan dirinya. Pemimpin yang berhasil, dalam level apapun, adalah dia yang bisa berdamai dengan kekurangan dirinya, mengatakan dengan lembut "wahai kekurangan diriku, aku akan tetap bawa kau, karena bagiku sulit untuk meninggalkanmu, tetapi berdamailah denganku yang tidak lagi akan memprioritaskanmu, tidak lagi memberikan ruang yang luas buatmu, oke?" 

Ya, kekurangan diri bukan untuk disesali saja, kekurangan diri bukan untuk dijadikan bahan pikiran saja, kekurangan adalah tantangan bagi kita. Kalau dengan kekurangan diri saja kita bisa berdamai, apalagi dengan hal-hal lain yang jauh lebih baik.

Maka itu, setelah berdamai, kesampingkanlah ia, fokuskan pada kelebihan diri kita. Memfokuskan kelebihan dan mengesampingkan kekurangan bukanlah kerja ganda yang berat, bayangkan saja jika kelebihan diibaratkan telapak tangan kanan kita, dan kekurangan diibaratkan telapak tangan kiri kita, julurkan keduanya ke depan, fokuslah pandangan pada tangan kanan? apa pada saat itu kita bisa melihat tangan kiri dengan jelas? tidak.

Kita akan mendapatkan apa yang kita fokuskan. Dan sesuatu yang kita sudah berdamai dengannya, tidak akan mengganggu kita.

1 comment: