4/2/11

Tiga Jenis Sibuk

1. Sibuk serial
Sibuk membuat nota order, sibuk mendesain kartu nama, sibuk nggunting-ngguntingi, sibuk menerima komplain pelanggan... wedew... semuanya dikerjakan seorang diri, belum bisa mendelegasikan ke orang lain... kalau sibuk anda semacam ini, tidak usah malu-malu mengungkapkannya, karena tidak ada kehormatan tersendiri kok atas kesibukan jenis ini. Ini sibuk biasa, sibuknya orang yang tangannya cuma dua dan jamnya cuma 24.

2. Sibuk paralel
Sibuk inilah yang kalau ada orang lain mengatakan "wah Anda sibuk ya sekarang?", lalu Anda menjawabnya tersipu malu "Ah, enggak kok, biasa saja". Karena sibuk jenis ini mengandung kehormatan luar biasa tinggi, sibuk yang patut dibanggakan, tapi biasanya oleh orang-orang yang sudah berhasil mencapainya akan memilih menyembunyikannya.

Kesibukan paralel adalah sibuk dalam satu tim yang kompak, sibuk dalam satu sistem yang padu, sibuk yang melibatkan begitu banyak komponen yang semuanya berjalan beriringan secara paralel untuk satu tujuan. Inilah sibuknya orang-orang besar.

3. Sok sibuk
Nah, ini adalah sibuknya orang yang tidak bisa menej waktu, ada ini ditolak, ada itu ditolak "Maaf, saya sedang sibuk". Betapa orang macam ini adalah orang yang tidak sibuk beneran, hanya sok sibuk. Kenapa? Loh, sebenarnya dia cuma mengerjakan satu hal kok, karena setiap ada hal baru yang menyambanginya dia akan mengatakan "Maaf, saya sibuk", maka tertolaklah aktivitas-aktivitas lain to? Orang macam ini biasanya rejekinya ya mentok segitu lah.

No comments:

Post a Comment