1/7/12

Sense of Community

Nah,memang Pa Tofik Rahzen itu orang berilmu, cerdas, bukunya banyak, pengalamannya banyak.

Salah satunya yg beliau katakan, kalau di Purwokerto itu potensinya bagus, sayangnya sense of community nya kurang. Yah, benar juga itu. Di purwokerto ada komunitas blogger, tp blum bisa mengadakan seperti yg komunitas lain buat. Di purwokerto ada komunitas wirausaha, tp krna satu dan lain hal pada cari kerja, kalah besar sama TDA, RJU dan komunitas wirausaha lainnya.

Di Purwokerto ada komunitas trainer, tp trainer2 pada jalan sendiri2. Entah berlebihan atw tidak, tp memang indvidualis kentara bgt. Perasaan senasib sepenanggungan, sepayung sekomunitas hanya bertahan sepanjang kepentingan dirinya terakomodir. Ketika itu tidak, enak sekali komunitas dicueki.

Maka solusinya adalah re-integrasi sosial. Sebuah keinsafan masal, agar masing2 komponen komunitas, komunitas apapun itu, membangun keyakinan baru : kalau bisa menyukseskan bebarengan, sendirinya pasti ikut sukses.

Semoga masing2 mulai bisa menyadari dan bersedia mengikhlaskan diri berbaur dalam proses reintegrasi sosial ini, dan outputnya adl, komunitas2 yg ada disini bisa membuat perhelatan dan kiprah berskala nasional.

Sent using Nokia mobile phone from Malang

1 comment: