8/1/13

#5 Makam Baqi

Makam Baqi, makamnya para Sahabat di zaman Rasulullah dan makam ulama-ulama saat ini. Letaknya di sisi kiri masjid Nabawi, arah jam 11 dari apartemenku. Walau bersambungan langsung dengan pelataran Nabawi, setengah jam lebih deh aku berjalan melewatkan senja dari penginapan menuju kompleks pemakanan itu. Kita tidak bisa masuk, hanya melihat dan berdoa dari balik teralis tinggi.

Sepulang dari Baqi, aku bercerita dengan teman jamaah yang sudah umroh dan haji berulangkali. Pa Imam namanya, beliau mungkin ke Mekah-Madinah seperti ke Bekasi. Hehehe...piiis pa Imam.

Akhirnya saya diajari teknik masuk ke Makam Baqi dan cara bagaimana menyaksikan pemakaman disana yang beberapa berbeda dengan di tanah air. Misalnya katanya, kedalaman kuburannya cuma paling setengah meter, karena memang batu berpasir disana, bukan tanah gembur seperti disini. Dan setiap periode tertentu tulang belulang dikumpulkan di satu tempat untuk bisa bergantian makam itu dipakai oleh yang lain.

Sayangnya kesempatan mempraktekkan tips dari Pa Imam itu belum menghampiriku, sampai meninggalkan Madinah. Mudah2an nanti bisa kesana lagi.

Underpass disamping makam Baqi, jalan ini lewat bawah Masjid Nabawi

No comments:

Post a Comment