8/1/13

#6 Bukber di Nabawi

Walaupun bukan bulan puasa, tapi hampir tiap hari ada buka puasa bersama. Karena bulan itu bulan Rajab, pada puasa Rajab katanya orang sana. Menyenangkan, karena aku sempat dan kuat puasa sekali di Madinah saat itu.

Ada plastik digelar banyak sekali, di atasnya ada roti arab, kurma dan teh manis (teh bukan ya?kayaknya si teh). Aku duduk saja di salah satu gelaran makanan itu. Satu demi satu orang berdatangan menyebelahiku. Sesekali sambil sok akrab dengan bahasa isyarat aku berbincang dengan orang-orang tidak bisa berbahasa Indonesia (kasihan..) di sebelahku.

Ada banyak hal menarik buka puasa bersama disana. Diantaranya pertama : walau rotinya cuma sepotong, tapi bikin kenyaang juga. Maafkan aku roti, aku sudah suudzon sebelumnya (yah, buka begini mana kenyang, batinku sebelum adzan). Terbukti aku kuat sampai baru makan malam sesudah Isya, sekitar jam 10 malam.

Kedua : orang yang memberi buka puasa (yang dipikiranku dia adalah juragan mebel--mentang2 mukanya arab. Arab = mebel? Hehe), mengajak jamaah untuk buka puasa dengan makananya sangat mengharap. Dalam bahasa Arab si, tapi mungkin dia bilang "tolong buka disini saja mari...mari..."

Hidangan Buka Bersama

No comments:

Post a Comment