6/9/11

Lebih Mulia

Mana yang lebih mulia, orang yang merasa dirinya bersih suci karena tetap berada di ruang tamu dan tidak pernah tergerak untuk ikut membersihkan gudang. Atau orang yang membersihkan gudang, sampai-sampai tubuhnya belepotan nggak karuan?

Agama kok dimonopoli, jadi preman-preman ogah dan takut mendekat. Yang lebih parah kebenaran juga dimonopoli, sehingga orang putus asa untuk menjadi orang baik, karena orang-orang yang baru belajar jadi orang baik tetap saja diklasifikasikan sebagai orang yang tidak baik.

Yang lebih parah lagi, surga juga dimonopoli. Yang bersih masuk surga, yang tercemar, belepotan tidak masuk surga. Soal dia bersih karena tidak pernah dakwah ke tempat pelacuran, atau dia belepotan tapi membuat 10 preman tahu yang namanya menghormati dan mendoakan orang tua, itu tidak diperhitungkan.

Sekarang lebih mulia mana, orang yang sholat ke masjid karena takut melanggar hukum agama kalau tidak melakukannya. Atau orang yang tidak sholat di masjid karena merasa dirinya tidak pantas masuk ke masjid. Jangan tanya aku jawabannya, aku juga tidak tahu.

No comments:

Post a Comment