12/13/08

dare to Success (3)

Merengkuh sukses dengan meluruskan motivasi

Didominasi otak kiri itu nggak baik, ya, pintar di akademik tapi nggak pandai bergaul maka akan susah kita ketika dewasa nanti. Tapi, seimbang antara otak kiri dan kanan saja nggak cukup. Karena itu selain mengejar prestasi akademik, belajar beradaptasi untuk bisa bergaul dengan baik, kita juga harus punya kecerdasan spiritual yang mantap.

Rajin sholat, rajin ngaji (bagi yang muslim), dan bukan hanya itu, tapi rajin menegakkan nilai-nilai sholat dan rajin mempraktekkan pesan-pesan indah dari kitab-Nya yang mulia. Spiritual akar katanya spirit, spirit itu bahasa Indonesianya semangat atau motivasi.

Orang yang cerdas spiritual tahu betul untuk apa semangatmu sekolah, apa motivasimu mengejar nilai bagus, nah, pernahkah teman-teman bertanya hal-hal semacam itu ke dalam diri masing-masing? Orang yang spiritnya benar, nggak butuh mencontek, nggak terbang oleh pujian, dan nggak merasa lelah tuh belajar sepanjang hari. Eit, ingat, belajar bukan cuma mendengarkan guru ceramah, membaca buku pengetahuan umum, membantu orang tua di rumah, berdiskusi dengan teman, menonton berita, bermain basket, renang, semua bisa jadi bahan belajar kita. Bahkan, pergi ke pasar mengamati bagaimana orang berinteraksi disana itu juga belajar.

Sekali lagi, tanyakan pada diri kita : "untuk apa aku sekolah? untuk apa aku harus mendapar rangking di kelas? untuk apa masa depanku aku kajar susah-susah?". Teman, ada buku bagus yang akan membantumu, judulnya ESQ for Teens 1 dan 2, bacaan khusus remaja ditulis oleh Ary Ginanjar Agustian dan Ridwan Mukri, ayo cari dan lagi-lagi baca, biar kamu selangah lebih maju dari teman-temanmu.

No comments:

Post a Comment