12/26/08

Penokohan dalam ESQ

Bahwa memang tidak ada penokohan, pengkultusan terhadap tokoh tertentu di dalam ESQ. Menyoal foto dan video Ary Ginanjar yang seringkali tampil bukanlah wujud budaya kultus ESQ terhadap Ary Ginanjar. Seperti pada slide pra pembukaan, Ary Ginanjar hanyalah difungsikan sebagai icon.

Apa maksudnya icon?

Icon agar orang akan lebih mudah mengenali bila ada ESQ ESQ lain yang berusaha menyerupai, tampilan Ary Ginanjar berfungsi bak hologram, bahwasanya ESQ yang Anda lihat adalah ESQ yang sama dengan yang dimaksud banyak orang, ESQ yang dirintis dan dikembangkan salah satunya oleh tangan Ary Ginanjar.

Sebagai icon, bermakna pula bahwa Ary Ginanjar sebagai shortcut yang memudahkan orang mengenal ESQ, tanpa harus bertanya2 dulu, ini ESQ yang mana ini.. mengingat, pelatihan2 bernada spiritual kian berkembang saja, tentu ada yang koheren dan ada yang sebaliknya.

Dan di slide akhir training, kini nama Ary Ginanjar sudah tidak lagi disebutkan sendirian, satu bukti ESQ tidak diidentikkan dengan satu figur tertentu, tetapi seperti disebutkan diatas, adalah sebaliknya, diidentikkan sgar fungsionable sebagai shortcut.

Ary Ginanjar Agustian dan Ridwan Mukri, begitulah terpampang di slide akhir training mulai baru-baru ini.

No comments:

Post a Comment