11/9/08

APA PERLU SEKOLAH GRATIS????

Saya termasuk orang yang tidak sejalan dg misi membangun sekolah gratis. Menurut saya yang dibutuhkan mendesak oleh anak-anak negeri ini adalah sekolah-sekolah yang mengajarkan produktivitas. Yang kurikulumnya mmeungkinkan untuk bisa menggali potensi diri, mengasah otak kanan, membakar nyali untuk berani mengeksplor ide dan melangkah...

Pelajaran berharga dari ESQ di awal-awal berdiri, bagaimana orang begitu tidak menghargainya ilmu ESQ yang waktu itu dijajakan gratis. Belajar juga dari sekolah-sekolah anak jalanan yang (tidak semua si) rendah respon karena gratisnya itu.

Percayalah, orang-orang miskin di negeri ini bukan orang-orang yang membutuhkan belas kasihan. Membebaskan kesenjangan bukan dengan memborbardir mereka dengan donasi semata. Mereka itu butuh perhatian. Perhatian dalam bentuk arahan bagaimana menstimulasi otak kanan, menggali potensi, mengasah nyali... jangan pandang sebelah mata karena kondisi kemiskinan mereka. Jangan lupakan, hati mereka yang kaya, jiwa mereka yang peka, nyali mereka yang menggelora, mental mereka yang sekeras baja... semua bak dinamit yang tinggal disulut sumbunya.

Mereka terlahir kaya, hanya mereka tak tahu bagaimana mengelolanya. membelaskahihani mereka sama saja tidak memanusiakan mereka sebagai manusia.

No comments:

Post a Comment