3/31/11

Memperujung Maret

Upaya memelarkan diri, to expand-ku di bulan Maret ini berujung di pojokan Jawa Tengah, Wonogiri tepatnya. Satu pusat kabupaten yang tidak besar-besar amat, hm, tapi cukup mengesankan.

Empat hari yang menyenangkan, sendirian tapi tidak kesepian, tidur beralas koran tapi tidak kedinginan, tidak pula dinyamuki padahal semalaman. I find something that it can't explain with the word... itu mungkin yang disebut mas Arif ilmu hikmah, ilmu yang tersedia di muka bumi ini yang tidak terwakili dalam penjelasan kata.

Tak usah resah berlebihan dengan kesedihan dan kemalanganmu, karena sesungguhnya kita ini pelupa, kalau tidak percaya, cobalah ingat-ingat hari ini seminggu yang lalu engkau berbuat apa saja, urutkan dari bangun pagi sampai tidur lagi, sedetail apa engkau mengingatnya? kejadiannya? lalu perasaanmu jam demi jam? lalu inspirasi dan lintasan 'aql mu, lalu bagaimana fluktuasi ketaqwaanmu (pelibatanTuhan dalam hatimu) dari waktu ke waktu di hari itu... Hahai... kita ini sungguh-sungguh pelupa.

Begitupun nikmatilah kesenangan senikmat-nikmatnya, karena kenikmatan yang engkau bayangkan lebih nikmat di hari esok belumlah tentu akan datang dan senikmat kenikmatan yang sedang engkau nikmati hari ini. Dan bekerja lah sebagai ungkapan syukur atas nikmat yang sedang kau alami itu.


1 comment: