2/23/12

Kasihan Kepada Anti Turangga-Seta

Barusan menjelajah trit di Kaskus yang mengkritisi Turangga Seta. Aduh, yang kepikir & yang dirasa kok ya kasihan aku sama mereka. Sudah info yang mereka terima belum jangkep, tapi ngecuprus aja kayak yang paling benar-benar a mereka.

Diantara banyak argumentasi, mulai dari kota Teheran berasal dari kata Heran & Swiss berarti Sudah, sampai tentang jembatan Rama antara Srilanka & India yang dikemukakan oleh para kritikus itu, saya cuma agree di satu argumen saja, yakni tentang Chanelling.

Betul, bahwa bisa jadi pola interaksi Mas Bimo dari Turangga Seta setelah laku tirakat demikian panjang sehingga bisa berkomunikasi dengan mahkluk non-manusia perlu di crosschek apakah itu memang betul komunikasi dua subject atau hanya ilusi dari dalam dirinya yang berasal dari obsesi yang teramat kuat akan satu hal yang begitu ia yakini : kebesaran Nusantara masa silam.

Namun, tim Turangga Seta sudah melakukan upaya, yakni tidak serta merta patuh pada pesan mistis, tetapi melanjutkannya dengan metode penelitian ilmiah. Pesan mistis itu hanya untuk titik berangkat saja.

Saya jadi teringat, ketika ketulusan Bunda Asminah, asisten Fahmi Basya harus mengklarifikasi trit yang menghujat kekeliruan ayat yang dikutip di makalah Fahmi Basya dan dibesar-besarkan. Padahal tidak semestinya dibesar-besarkan, karena itu hanya salah ketik angka ayat, yang kalau diklarifikasi ke sumbernya saja bisa segera direvisi dan bukannya jadi bahan maki-makian.

Kritikus2 itu sebagian besar (tidak semua) hanyalah orang-orang yang sinis, yang iri pada kemajuan orang lain. Saya kasihan pada mereka, ketika Fahmi Basya, Turangga Seta, mendapat kemuliaan karena mereka telah berijtihad. Eh mereka-mereka cuma kopong riuh dengan kecuprusan belaka.

Mbok iyao, kalau mau sinis & mengkritisi, ini saja :
1. Kurikulum Sejarah kita
2. Hasil riset arkeolog bentukan dinas-dinas yang malas bekerja dan hasilnya janggal-janggal
3. NGO yang kerjaannya cari donor

Yang sudah benar-benar dan jelas-jelas menyimpang tidak mereka gubris, karena mereka sudah tunduk pada stigma kebenaran massal. Tapi yang aneh-aneh seperti Turangga Seta, yang bilang Kanjeng Ratu Kidul itu adalah moksa nya Ratu Angin-Angin, Yang bilang di relief Borobudur ada Ufo, baru aja dimaki-maki...

Mas, mba, yang menetukan sebuah ilmu itu ilmiah atau enggak ilmiah itu siapa? Ilmuwan modernkan? Ilmuwan modern memang bisa apa? Menghitung Umur Rama Bridge saja tidak bisa.

Jangan batasi ilmumu sebatas stigma yang diberikan oleh ilmuwan modern bro & sista... Ilmu pemilik jagad ini kalau ditulis dengan tinta dari air samudera dikalikan 7, dengan pena dari 7 kali lipat jumlah pohon yang ada di hutan di seluruh muka bumi, itu belum cukup. Lah ilmu yang dimiliki ilmuwan modern seberapanya? Kok yakin sekali dengan stigma mereka. Kok langsung resah kalau ada hasil ijtihad baru yang nyeleneh, bertentangan dengan stigma mereka?

Unlock yourmind ah!

Kepada tim Turangga Seta, Fahmi Basya, dan semua orang yang ikhlas mensetiai sebuah proses ijtihad. Selamat bermujahadah, kalau dalam proses ijtihad kalian ada salah, ada keliru, mahfum, karena kita semua manusia biasa. Ijtihad itu kalau benar dapat dua kebaikan, kalau salah masih punya satu kebaikan. Itulah betapa mulianya ijtihad.

Tidak usah digubris itu para pencaci maki, tapi tetap jadikan kritik yang konstruktif masukan, bagian dari proses berijtihad.

Tahun 2045, kedangkalan penafsiran relief borobudur & piramid yang tersembunyi akan terkuak, dan mereka hanya akan malu dengan diri mereka sendiri, seraya berkata : tau gini mending gue dulu mengkritisi dinas pendidikan saja yang sudah jelas2 mau ancur, karena sikapnya yang ancur, arkeolog bayaran dinas-dinas juga yang cuma bekerja demi uang & NGO NGO yang cuma cari uang buat perutnya sendiri.

44 comments:

  1. emangnya pengertian ijtihad itu apa? jangan asal nyablak segala sesuatu sebagai ijtihad yg kalo salah dapat pahala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijtihad adalah berfikir keras dalam sesuatu hal yang tidak dapat kita jumpai di al quran dan hadits dalam menentukan suatu hal apa saja,,

      Delete
    2. kalau nuswantara-nya kalian bangkit, lalu suku padang, aceh, batak, ambon, papua, bugis dan yang lain-nya selain suku jawa mau kalian apakan ? kalian bantai ? kalian bakar ? kalian kasih gas ? kalian masuikin k camp konsentrasi ? come on lah, fanatik yang berlebihan ga ada gunanya

      Delete
    3. memangnya saya ini orang jawa?

      yang bilang indonesia punya orang jawa siapa? anda sendiri kali? kok anda yang paranoid sendiri. aneh!

      Delete
  2. memang pengertian ijtihad yang anda pahami sudah garansi 100% benar, sehingga menuduh orang lain yang anda sangka pengertian tentang ijtihadnya beda disebut 'nyablak'?

    komen kok anonim... pace!

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda ini orang cerdas rizky,, saya sepemikiran dgn anda,, banyak hal hipotesa terbaru yg dianggap gila oleh orang yg tidak mengerti,, sama seperti ketika galileo mendukung teori copernicus ia dianggap gila padahal akhirnya ketika ilmu modern berkembang teori yg ia yakini benar bahwa bumi mengelilingi matahari beda dgn pendapat aristoteles,, semoga kita diberi petunjuk,, ingatlah surat al an'am ayat 67... inilah waktunya

      Delete
  3. Channeling memang bahaya dalam distorsi informasi jika tidak dibarengi oleh OBE dan kawaskitan yg bersih dari orang yg benar-benar bersih hatinya.

    Namun jika kita tilik kebelakang , fenomena TS banyak terjadi di indonesia dengan berbagai keyakinan dan kepercayaan kelompoknya. Bahkan tak jarang mereka memberikan "sedikit pertunjukan kecil" untuk menegaskan kepada khalayak bahwa apa yg mereka yakini adalah benar.

    Kebetulan ane di invite ama itu grups dan memang bagi orang awam apa yg diutarakan sangat menarik hati tapi setelah saya perdalam dan analisa ulang maka banyak kejanggalan... dari masalah penitik beratan ke channeling , wajib untuk sombong , penolakan hingga crosscek ke pengartian relief yg gathuk entuk terlebih alibi mereka bahwa sejarah besar nusantara dibelokan/dipalsukan oleh pihak belanda.... sepertinya berlebihan. Apalagi masalah sastra cetha yg diakses via dupping... dan piramid-piramid yg diclaim keberadaannya sbg gudang pusaka atau candi masih butuh pembuktian.

    Belum lama, ada temen lama di surabaya yg tiba-tiba mengaku bahwa dirinya titisan prabu siliwangi , bocah angon yg akan menyelamatkan dunia... padahal sebelumnya ada temen yg meyakini bahwa gurunya adalah sunan lawu yang sampe sekarang belum mati dan di daerah serang banten seorang kawan bertemu titisan bung karno sedangkan di depok seorang kawan bertemu dengan anak sukarno yg bernama lady rose d solo yg memegang kunci harta ribuan trilliyun.

    Dan hal spt ini terus menerus silih berganti dengan objek lama yg diperbarui mulai dari kekayaan fantastis nusantara , rahasia kerajaan besar nusantara , titisan imam mahdi , sunan lawu yang masih hidup , titisan bungkarno, titisan prabu siliwangi, emas batangan berpeti-peti, pemegang titah pusaka kuno, anak pangeran ratu pantai selatan , memiliki kitab-kitab kuno , mempunyai guru eyang abiyasa yg mampu membedah kebenaran mahabarata dan ramayana serta meramalkan peta politik indonesia, tangan kanan eyang suyud yg diklaim adeknya pangeran diponegoro sbg pemelihara wahyu negara di nusantara... dan masih banyak lagi judulnya.

    Saya tertarik dengan trit mas agung , tentang kegilaan berkaitan dengan belajar supranatural/spiritual... mungkin org-org seperti itu tidak menyadari kemungkinan "kegilaan" temporer yg sangat mungkin muncul ketika mereka secara iklas bersentuhan dengan dunia tersebut. Dan efeknya seperti TS... euforia berlebihan terhadap teori mereka sendiri dan terjerat oleh tipuan dalam proses channeling.

    Menurut pengalaman saya, kadang channeling itu tidak murni kesurupan... sebagian besar mereka dalam kondisi trance jadi tidak benar-benar intrance sehingga mampu memberikan informasi yg gathuk dengan pendapat dan keyakinan mereka. So meski mereka menerapkan kajian filtering seperti dalam kasus TS menggunakan bahasa kawi , membaca huruf pallawa... ya sama saja karena sebenarnya mereka ditipu oleh diri mereka sendiri untuk menipu dirinya sendiri.

    Kenapa hal itu bisa terjadi?
    Karena keinginan mereka terlalu kuat sehingga bawah sadarnya membentuk sebuah identitas baru sesuai yg mereka harapkan. Dan identitas baru itu akan muncul ketika proses channeling karena ya memang identitas tsb yg mereka harapkan untuk datang. Lalu ketakutan mereka thd ketidakmau hadirnya identitas tsb memberikan rule bagi mereka dalam beritual channeling.

    Sangat beda halnya jika TS menggunakan mekanisme OBE dan dibantu oleh orang-orang yg benar-benar waskito dan bersih hati serta mampu mengakses langsung sastra cetha. Tapi sepertinya hal itu juga mustahil karena menembus batas-batas alam mereka susahnya minta ampun dan saya tidak melihat orang-orang di TS adalah orang-orang yg mumpuni. Sementara itu orang-orang yg mumpuni kawaskitannya tidak mau membuka rahasia yg ada karena mereka takut akan balak yg akan mereka terima sebab sama juga membuka rahasia alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pesimis buta oom, buktinya piramida gunung Padang Cianjur, siapa yg mula2 merintis dan berusaha dari nol kalau bukan turangga Seta?

      Memang, awal merupakan sesuatu yg berat. Dan bila anda tidak bisa mendukung dgn apapun, yah minimal beri kesempatan dan tunggu sampai turangga Seta membuktikan hasil teorinya.

      Dan yg terjadi sekarang, TURANGGA SETA BELUM APA-APA SUDAH DIJEGAL DISANA-SINI, DIPERSULIT DISANA SINI !!!

      Apa itu salah satu bentuk kecacatan jiwa cinta tanah air dan bangsa bertopeng opini realistis?? Apanya yg realistis, diberi kesempatan membuktikan aja enggak !!!

      Mbok ya mikir, jelek2 mereka itu usaha pake dana sendiri, duit sendiri, keringat sendiri. Mengganggu kamtibmas juga enggak, tapi kenapa kalian halang-halangi? Ada apa ini? Dimana asas keadilan yg kita junjung tinggi?

      Atau....kalian pada takut sekolah lagi yaa,, gara2 klaim Turangga Seta bener semua??? wkwkkk ;D

      Delete
  4. piramidanya manaaaa???

    ReplyDelete
  5. sudah mas, orang kayak anda hidup, cari kerja, cari makan yang tenang.

    yang sedang turangga seta cari bagi anda cuma piramida, tapi bagi orang yang paham, proses pencarian itu adalah proses pemanfaatan alat berpikir : akal sehat & hati nurani,

    karena berkali-kali Tuhan menagih di kitab suci "maka, apakah kamu tidak berpikir?"

    piramida memang sampai hari ini belum terbukti, tapi mereka sungguh2 dalam menggunakan akal pikirannya, itu sudah.

    sekali lagi, anda cari kerja, cari makan untuk diri sendiri, sudah itu saja ya, enggak usah jadi pengkerdil semangat orang2 yang sedang mengembangkan instrumen berpikir mereka

    ReplyDelete
  6. kalau anda mau menjadi pahlawan melawan para propaganda, mending anda lawan itu sabun mandi, susu formula, shampo dengan semua iklan2nya yang pakai data2 fiktif, membohongi massa untuk keuntungan finansial mereka...

    jangan beraninya sok pandai, sok benar, merasa benar, turangga seta pasti salah... TS cuma komunitas kecil, komunitas riset, harusnya didukung, dilengkapi data2nya, bukannya dilawan... pace itu namanya! sekali lagi, lawan iklan2 produk yang pake data2 fiktif propaganda aja sana. enggak berani kan?

    ReplyDelete
  7. jayalah indonesia... mari dukung turangga seta, karena tujuannya memang baik...

    ReplyDelete
  8. Tujuannya memang baik. tapi yang ada kalau pseudo science seperti ini malah kita ditertawakan. percayalah. :) mau maju jangan terlalu larut dgn romantisme nostalgia masa lalu. negara lain maju karena membuat progres nyata untuk maju. bukan menghabiskan energi unutk mencari seberapa hebat kita dulu. so what? apalagi kalau metodenya klenik dsb. tapi orang memang beda-beda. saya tidak merasa kasihan dgn TS, pun dengan anda rezki. Tapi ini komen saja. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mgkn itu pndapat Dan kyakinan anda,,, tp kykinn org lain brbda2... TS ykin, klo kt ingin bgkit dr kterpurukn, kt hrus sbak kjayaan msa lalu. Sy sgt mndkung ijtihad TS. tdk ad yg slh dg mreka, it adlh wjud pngbdian mrka...
      jgnlh anda mnjd pnghujat sj... mn krymu????

      Delete
    2. Bos kalau mau mempelajari sejarah peradaban dunia, sesungguhnya modernitas yangf ada saat ini banyak belajar dari "kepurbarayaan" (menggali kembali apa yang pernah dicapai oleh leluhur awal manusia), bahkan sampai kini mereka terus menggali hal itu dengan berbagai bidangnya (bahkan berkiblat pada masa lalu, hanya tidak terlalu ditampkakan ke publik). masalah klenik/mistis, jangan dipikir "orang-orang modern dan berteknologi" itu tidak percaya, bahkan mereka memanfaatkan betul hal tersebut, bahkan menjamah sampai organisasi Intelijen tekemuka (FBI dan CIA), coba pelajari dan lacak aja, mungkin kita akan terheran-heran. apakah kita akan berkiblat pada "kekerdilan modernitas, science dan teknologi ini", terbelunggu didalamnya tanpa mampu memaknai apapun? sementara kita hanya pengekor yang juga tidak mampu berbuat apa-apa, "hanya mengagumi dan terbengong-bengong dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Barat", sementara mereka terus-menerus mencuri dan mengembangkan ilmu dan pengetahuan dan teknologi dari timur (banyak kok contohnya kalau mau disebut). Aku pikir, apa yang dilakukan TS sangat positif, "menguak masa lalu kita, mengungkap jatidiri kita", dari situ harapanya kita akan terbangun dan sanggup bangkit dari segala keterpurukan di berbagai bidang yang sudah terjadi dalam beberapa dasawarsa ini. daripada hanya sekedar cuap-cuap gak jelas (tanpa landasan yang jelas juga), memaki-maki gak ada juntrunganya dan malah tidak mampu melakukan apapun. Maju terus TS!

      Delete
    3. Mas Rizky..
      Sy Setuju dg pendapat anda, bagi yg bisanya mengkritik asalan, diiringi dg makian coba berfikir lagi apa yg sudah kalian hasilkan dari hidup kalian utk bangsa, minimalnya utk diri sndiri. klo bisanya mengkristi, kritiklah yg membangun dg kata2 yg bijak dan enak di baca, sehingga bisa diterima diterjemahkn oleh hati orang yg dikritik oleh kalian, klo menggunakan bahasa yg menyakitkan hati, berart kalian termasuk orang2 yang hatinya rusak atau tertutupi oleh penyakit-penyakit hati yg sudah berkerak.
      Kerja yang bagus utk Team TS.. lanjut terus...

      Delete
    4. Klenik yang mana yg ga nyambung atau memang akal oom aja yg ga nyampe?

      Wright bersaudara juga dulu sebelum sukses karena klaim pesawat terbang, dicemooh orang juga loh oom.

      Mungkin ya orang sana bilang klenik juga, cuma menurut bahasa sana, gitu. kayak oom sekarang ini.

      Ilmu pengetahuan itu tidak ada pastinya oom, selalu berkembang dan berubah.

      Landasan teori yg saat ini dianggap akurat, bila dikemudian hari ditemukan teori yg lebih akurat lagi ya landasan yg dipakai sekarang dibuang, diganti yg baru.

      oom..oom...buka mata buka akal oom,,dunia ini jauh lebih luas dari tempurung kelapa ;D

      Delete
  9. Saya teringat waktu baca buku karya Muhamad Isa Daud yg berjudul "dialog dg jin Islam" buku pertama meyakinkan dg berbagai hipotesanya se olah-2 mmng benar-2 terjadi, tapi ketika terbit buku ke 2 nya yg berjudul "dajjal akan muncul dari segitiga bermuda" baru saya analisa bahwa itu hanya karya fiksil yg tidak ilmiah alias ngarang-2 saja, begitu jg dg TS ini, pertama saya jg bersemangat dg teori-2 dan hipotesanya, tapi setelah mereka jg bisa membagi zaman dg zaman-2 antah berantah yg entah dari mana sumbernya saya malah jadi geli sendiri karena lebaaayyyy gitu!

    ReplyDelete
  10. Saya teringat waktu baca buku karya Muhamad Isa Daud yg berjudul "dialog dg jin Islam" buku pertama meyakinkan dg berbagai hipotesanya se olah-2 mmng benar-2 terjadi, tapi ketika terbit buku ke 2 nya yg berjudul "dajjal akan muncul dari segitiga bermuda" baru saya analisa bahwa itu hanya karya fiksil yg tidak ilmiah alias ngarang-2 saja, begitu jg dg TS ini, pertama saya jg bersemangat dg teori-2 dan hipotesanya, tapi setelah mereka jg bisa membagi zaman dg zaman-2 antah berantah yg entah dari mana sumbernya saya malah jadi geli sendiri karena lebaaayyyy gitu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga ngebaca mas, udah lama dan lumayan menarik bagi saya.
      Saya mo crita nih:
      dulu sewaktu saya masih sma temen2 sering ngadakan istilahnya hadiran atau di TS channeling, dan kita bisa masukkan orang2 terdahulu yg sudah meninggal kita bisa komunikasi lewat media seorang temen yg sanggup melakukan dan rata2 temen2 semua bisa. Ini kisah nyata demi Alloh pd saat itu salah saau temen kena santet karena anak itu emang aga preman lah jegger gitoe, dan ga bisa jalan terkapar, kemudian kita chenneling dan ada salah satu jin di pojokan lapangan tennis masuk dan kita komunikasi untuk bisa nyembuhkan dan akhirnya dgn cara dia temen yg ga bisa jalan bisa disembuhkan, kemudian ada beberapa yg kita datangkan arwah jaman dulu misalnya raja2, ksatria dll kita tanyain semua dan bisa ngejawab. ada lagi yg lucu temen2 pernah dimarahi karena ga sopan dan marah bener, dia bisa ngasih petunjuk yg baek2 layaknya sesepuh memberikan wejangan ke cucu2nya. nah ada yg iseng tanya apa dulu ada pesawat dia bilang belum ada semua masih pake kuda dll belum ada bensin dll kaya sekarang. dia hanya ingat semasa hidupnya saja. Lucu deh kalo mo jujur polah tingkah kalian yg ada sekarang yg kita ga tau bisa ditanyakan dan akhirnya temen2 takut juga ketahuan boroknya karena kalakannya masih enggak jelas namanya juga anak muda, semua kelakuan anda dan temen bisa dijabarkan oleh beliau2 yg kita panggil, He3 ini bener2 ada dan terjadi mas. kita enggak bisa pungkiri, sampai ada yg suka nyolong rokok aja mereka tau. Mudahan sih TS bener2 pake chanelling yg benar dan ikhlas kalo gak yg masuk roh ora jelas pisan he3.....
      ini bukan lebay tapi nyata karena saya dan teman pernah ngalami

      Delete
  11. kita memang bangsa yang dipenuhi oleh orang2 bermental kerdil, merasa bangsa lain lebih tinggi dari bangsa kita sendiri... bangsa lain yang anda lihat maju setelah membuat prgres nyata dan kemajuan, tapi apakah anda pernah menyelami bagaimana proses perjalanan mereka sampai menemukan rumusan kemajuan?mereka terantuk2, terjungkal2 mencoba2i banyak metode... tidak serta merta langsung rasional begitu

    iman kepada yang gaib. saya rasa kita tidak semestinya mengkerdilkan Tuhan. bahwa yang real, yang nyata, hanyalah apa-apa yang masuk di nalar kita... jangankan cuma segitiga bermuda, jangankan cuma klenik turangga setta...

    rahasia Tuhan di penjuru alam semesta masih begitu banyak... siapa yang bisa membantah secara mutlak, misalnya, bahwa tidak ada manusia di planet di ujung galaxy sana.. bahwa tidak ada peradaban di dalam sel-sel daun, termasuk jin, dan lain-lain yang beberapa orang dikaruniai Tuhan kemampuan untuk mengakses dunia2 diluar dunia manusia itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju,,, intinya jgn not action talk only...

      klo sinis dg prestasi seseorg/klompok, lwanlah dg prestasi jg.. bkan omdo...

      bravo turangga seta...
      #g smw yg bnar itu dsukai, psti byk hater2 pnghlang

      Delete
  12. saya setuju dengan anda rizky..bangsa kita sudah lama berpikir kerdil..taukah anda anymous apa anonymous siapalah anda dan unknown, komentar anda memang menunjukkan bahwa anda memang ditakdirkan hanya sekadar menjadi komentator saja. Saya juga tidak setuju dengan segala publikasi TS yg kebablasan menurut saya, dan saya juga bukan pendukung TS, tapi saya salut dengan TS yang berusaha menggali kejayaan nusantara masa lalu??taukah gunanya??sangat berguna!!mental bangsa kita sekarang spt mental pembantu di mata bule atau orang keturunan (saya bukan rasialis tp ini fakta). Bangsa kita selalu merasa rendah jika berada di samping bangsa2 eropa, seolah olah mereka lebih hebat, pinter, dan punya kebudayaan maju. Dan taukah anda?kemajuan itu mereka dapat dari mana??anonymous juga pasti tidak tau berapa banyak buku2 kuno warisan kebudayaan kita yang dirampas belanda dan sampai hari ini masih ada diantaranya di Leiden?berkapal -kapal dan berribu-ribu buku!!yang isinya sari pengetahuan yang sudah dimiliki kebudayaan tinggi nusantara masa lalu. Taukah anda simbol atlantis yakni spiral bisa kita temukan di beberapa rumah joglo tua?Taukah anda tatanan rumah jawa joglo secara filosofis adalah sebuah piramida??dan tata ruangnya mengagungkan "seorang dewi" yang dipuja masyarakat jawa tempo dahulu??dan sadarkah anda bahwa tambang emas terbesar di temukan di nusantara..bahakan jaman dahulu apapun benda jika dimaksudkan untuk "pamor kewibawaan" selalu berlapis emas??emas merupakan satu yang digamparkan plato kepada atlantis...lalu taukah anda jika keris (tidak hanya keris jawa) merupakan senjata dengan pembuatan paling rumit di dunia dan mempunyai karakteristik seni tinggi yang tidak dipunyai senjata2 lain di dunia??besi merupakan peralatan yang paling tradisional dibanding kayu dan batu.sebuah bangsa yang bisa mengolah besi, kayu, dan batu dengan kerumitan tinggi menjadi seni yang tinggi merupakan pemilik asli dari ilmu yang akhirnya dipunyai setiap bangsa (seperti ilmu membuat senjata.
    Republik Indonesia dengan banyak sisi politiknya telah membuat sejarah nenek moyang nusantara menjadi kacau balau tanpa arah dan kebenaran.
    Penggalian dan atau apapun usaha yang dilakukan TS patut saya hargai walau saya adalah orang yang tidak pernah percaya 100 persen dengan klenik. Tp usaha mereka patut saya apresiasi dan bukan malah dihujat daripada melihat para kritikus yang hanya bisa melihat dan tidak berbuat apa apa. Hanya ngomong dan mencaci kerjaannya.
    sekali lagi saya bukan pendukung TS. Tapi ayolah...jangan cuma omdo aja...bergeraklah jgn hanya berpikir pragmatis. Saya tau komen saya pasti akan di kritik pedas. Saya tidak akan tanggapi. Saya hanya mengajak anda2 yang mengkritisi berpikir cerdas bahwa nenek moyang nusantara memiliki budaya yang luar biasa maju.Bahkan jauh lebih maju daripada Eropa yang mengklaim mempunyai peradaban termaju. Mereka menjajah dan merampas harta kita, selain harta kekayaan alam, juga harta ilmu pengetahuan peninggalan nenek moyang kita. Jadi kejayaan nusantara bukan nostalgia, tapi bagaimana cara kita mengembalikan kejayaan itu ke dalam mental kita di tengah bangsa yang mentalnya sudah carut marut ini...

    ReplyDelete
  13. maju terus mas agung'memang org komentar itu mudah tapi apa yg org itu hasilkan untuk mengisi hidupnya'itu lbh penting....salam dari padepokan tan khoen swie kediri

    ReplyDelete
  14. mantab deh buat TS, maju terus, jangan hiraukan mereka, mereka memang punya standard ilmiah itu berdasarkan Barat, tidak cocok dgn Nusantara. makanya mentok klo dipakai penelitian di nusantara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jwabn yg sgt jos bgt...
      standar ilmiah brat yg kerdil tdk bsa mlampaui standar ilmiah nusantara yg agung..
      ibarat komputer jadul gbs mmbca file dr megakomputer mutakhir... sip sip....

      Delete
  15. Gua jadi pengen ikut mencari tahu rahasia yg saya belum tahu..

    ReplyDelete
  16. Pokoke siapapun yang niatnya ikhlas bertujuan mengangkat kembali harkat martabat dan harga diri bangsa kita yang nyaris meleleh di inti bumi, yang caranya dengan sabar (sabar utk tidak senang berdebat kecuali utk tetap menduking tujuan, trmasuk sabar tidak didukung donor) dan tidak minder sama ilmu asing, moga-moga Sang Maha Segala Maha memberinya tempat yang Mulia. Aminnn...

    ReplyDelete
  17. kalian jangan kebanyakan ngejamur, bawaanya suka ngawur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane tanggep nyang ini aja :p
      Ya gini lo bro, coba deh elu tunjuk manusia mana sih yang sempurna? Kita bisa membayangkan kalo misal nabi itu karomah dan terjaga, tp toh kita hanya bisa membayangkan inspirasi. Dan manusia mana pula yang harus nggak baik mulu, tentu enggak kan. Gitu juga orang yang anda labeli 'orang jawa'. Saya kira anda sudah mulai tertarik lah untuk mengembangkan pandangan yg lebih luas, dari hanya menyoroti terus satu sisi yang parsial. Ya

      Delete
    2. Ane tanggep nyang ini aja :p
      Ya gini lo bro, coba deh elu tunjuk manusia mana sih yang sempurna? Kita bisa membayangkan kalo misal nabi itu karomah dan terjaga, tp toh kita hanya bisa membayangkan inspirasi. Dan manusia mana pula yang harus nggak baik mulu, tentu enggak kan. Gitu juga orang yang anda labeli 'orang jawa'. Saya kira anda sudah mulai tertarik lah untuk mengembangkan pandangan yg lebih luas, dari hanya menyoroti terus satu sisi yang parsial. Ya

      Delete
  18. INDONESIA BUKAN PUNYA ORANG JAWA, TAPI ORANG JAWA ADALAH ORANG INDONESIA, INDONESIA TIDAK ADA TANPA ORANG JAWA, ORANG JAWA BERADA DI WILAYAH INDONESIA, PEMERINTAHANNYA ADA DI JAWA, MUMET KAREPMU...!!

    ReplyDelete
  19. assalamualaikum ..
    ijin celoteh dikit,,,,,,,, menurut ane si TS sangat positif kegiatan maunpun teorinya,,, jangan menganggap mereka mengadangada,, atau bahkan gila,,,,,,, semua peneliti dunia semua penemu dunia,,,,,,, semuanya dianggap gila,, dalam proses penelitiannya oleh orang sekitar,,,, liat hasilnya setelah si orang gila ini menemukan sesuatu yg bisa mempengaruhi dunia,,, kita ambil contoh thomas alfha edison..... memang ada beberapa temuannya yg kurang tepat tapi banyak juga temuannya yg sampai saat ini kita masih pakai :) ,,, dan benar sekali bahwa teknologi sekarang semua menginduk ke masa lalu,,, semua riset oleh para peneliti sekarang ,, sudah berkiblat ke purba,,,, kita ambil contoh,,, banyak peneliti asing barat,, ingin menciptakan mesin teleportasi :) minimal bisa memindahkan benda padat dari satu tempat ketempat lain :) tapi sampe sekarang belum ada yg bisa menciptakan alat tersebutt,,,, padahal ilmu pengetahuan teleportasi ini sudah banyak digunakan oleh beberapa dokter atau peneliti di jaman para nabi :) ,,,, jangan remehkan sejarah apalagi menyangkut temuan baru :) ... sebenarnya semua yg ghaib juga bisa di kaji secara ilmiah,,,, bahkan santet atay teluh yg kita sering dengar,,, itu sangat bisa dilakukan menurut ilmu fisika :) ,,, tapi otak pikiran kita saat ini hanya sebatas teori,,,, maka dari itu biarkan lah orang2 seperti TS,,, justru sangat jarang orang2 seperti TS di indonesia ini,,,,,,, kita ta harus mempercayai dukun tapi kita harus meyakini kalau yang ghaib itu ada :)

    wasalam..

    ReplyDelete
  20. assalamualaikum ..
    ijin celoteh dikit,,,,,,,, menurut ane si TS sangat positif kegiatan maunpun teorinya,,, jangan menganggap mereka mengadangada,, atau bahkan gila,,,,,,, semua peneliti dunia semua penemu dunia,,,,,,, semuanya dianggap gila,, dalam proses penelitiannya oleh orang sekitar,,,, liat hasilnya setelah si orang gila ini menemukan sesuatu yg bisa mempengaruhi dunia,,, kita ambil contoh thomas alfha edison..... memang ada beberapa temuannya yg kurang tepat tapi banyak juga temuannya yg sampai saat ini kita masih pakai :) ,,, dan benar sekali bahwa teknologi sekarang semua menginduk ke masa lalu,,, semua riset oleh para peneliti sekarang ,, sudah berkiblat ke purba,,,, kita ambil contoh,,, banyak peneliti asing barat,, ingin menciptakan mesin teleportasi :) minimal bisa memindahkan benda padat dari satu tempat ketempat lain :) tapi sampe sekarang belum ada yg bisa menciptakan alat tersebutt,,,, padahal ilmu pengetahuan teleportasi ini sudah banyak digunakan oleh beberapa dokter atau peneliti di jaman para nabi :) ,,,, jangan remehkan sejarah apalagi menyangkut temuan baru :) ... sebenarnya semua yg ghaib juga bisa di kaji secara ilmiah,,,, bahkan santet atay teluh yg kita sering dengar,,, itu sangat bisa dilakukan menurut ilmu fisika :) ,,, tapi otak pikiran kita saat ini hanya sebatas teori,,,, maka dari itu biarkan lah orang2 seperti TS,,, justru sangat jarang orang2 seperti TS di indonesia ini,,,,,,, kita ta harus mempercayai dukun tapi kita harus meyakini kalau yang ghaib itu ada :)

    wasalam..

    ReplyDelete
  21. perasaan teori terus, bukti nya mana om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngotot minta bukti-bukti..!!, paling kalo dah ada bukti cuma ngomong "..Weh..tenan ki..??!!", ( guyon lho bro... )

      Delete
  22. Pingin bisa bikin COMBRO, harus mendapatkan combronya dulu. Kalau combro sudah ditangan kita bis meneliti, mempelajari detail combro dari mulai bahan, cara dan teknologi apa yang digunakan untuk membuatnya.

    Itulah mungkin yang sedang dilakukan TS, mereka ingin mempelajari teknologi Atlantis, jadi mereka sedang mencari Atlantis.
    jika sudah ketemu akan dipelajari teknologinya untuk kemudian di terapkan untuk membangun bangsa dan dunia. itulah kira-kira.

    Semangat untuk Turangga Seta.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dukung TS... bukan untuk maju ato ngga, kita bukan mmbanggakn nusantara/nuswantoro, bukan bangga masa lalu... hanya untuk fakta sejarah yg otentik. memberdayakan akal budi sebagai manusia. negara maju ukuran barat jg g pnting untuk ukuran maju semua orang/ negara. g perlu juga maju ikuti aturan mereka (barat). bahkan kita hilangkan saja kosa kata "negara maju / berkembang" karena itu tolok ukur mereka. kita hidup sebelum mati hanya butuh bertahan hidup dengan akal budi kita. itu saja.

      Delete
  24. Buat kalian2 yg merasa bahwa hanya orang jawa yg berkuasa atau berpandangan bahwa kenapa hanya orang jawa dan orang jawa?, Mari buat anda yg bukan orang jawa mengadakan penelitian juga, kita semua berhak berkarya, ilmu itu luas, ungkap sesuatu yg belum terungkap, nuswantara ini kaya akan segala,mari meneliti..

    ReplyDelete
  25. Buat kalian2 yg merasa bahwa hanya orang jawa yg berkuasa atau berpandangan bahwa kenapa hanya orang jawa dan orang jawa?, Mari buat anda yg bukan orang jawa mengadakan penelitian juga, kita semua berhak berkarya, ilmu itu luas, ungkap sesuatu yg belum terungkap, nuswantara ini kaya akan segala,mari meneliti..

    ReplyDelete