2/19/12

MekaNira Nusantara, Inspirasi dari Dahlan Iskan

Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya diskusi dipungkasi di Siomay Vandilla kemarin. Hilmy dan aku, menyepakati nama yang diilhami dari tanya jawab dengan Dahlan Iskan di Sabuga, ITB, Bandung saat jogging & aerobik bareng minggu lalu yakni : Mekanira Nusantara.

Pertanian adalah sektor primer. Krisis pangan dihadapan mata. Lulusan pertanian mayoritas tidak menjadi petani. Pemuda desa lebih memilih urbanisasi. Celah untuk menjadikan pertanian menjadi magnet kembali tidak ada cara lain adalah : mekanisasi pertanian. "Selama bertani itu masih identik dengan mencangkul, belepotan tanah, dll, maka selamanya pertanian tidak akan menarik bagi anak muda kita", kata Dahlan Iskan, Meneg BUMN.

Meskipun demikian, mekanisasi itu bukanlah bentuk industrialisasi dan kapitalisasi pertanian sepertihalnya revolusi industri di Eropa beberapa abad silam yang membuat tatanan sosial masyarakat dunia porak-poranda dan bertumbuhan manusia-manusia mesin dimana-mana. Mekanisasi itu hanya pintu awal saja, samahalnya dengan project pembukaan sawah baru yang dilakukan oleh BUMN sebanyak 200.000 hektar. Kenapa tidak langsung diserahkan pengelolaan dan kepemilikannya kepada warga, karena perlu ada yang mengawali agar sistem lebih cepat dan baik terbentuk.

No comments:

Post a Comment