4/17/10

Bisnis akan Menelanjangi Kita

Di bisnis orang yang omong doang akan menjadi barisan pertama yang segera pergi ke laut... Ya, karena setiap apa-apa yang kita ucapkan dan pikirkan akan diuji blang gamblang disini. Kita akan mengenal orang sesejatinya orang itu di bisnis.

Saya merasakannya, betapa ketika saya mengatakan, saya sungguh-sungguh kok. Eh, hantaman demi hantaman yang menguji saya bahwasannya saya sungguh-sungguh beneran atau tidak. Itu kejadian umum di dunia bisnis.

Kejadian lainnya adalah soal kepiawaian kita, saya tidak bisa mengelak ketika bisnis menelanjangi saya yang lemah di sisi direct marketing. Atau orang lainpun ada yang tertelanjangi, bahwa dia lemah di sisi konsep, lemah di sisi kerapihan administatf, dsb.

Itupun hal umum di dunia bisnis. Bukan itu yang harus kita perhatikan, tetapi sikap kita terhadap fenomena penelanjangan diri kita itu. Apa sikap yang kita pilih diantara alternatif-alternatif yang mungkin? Pertama : kita memaksakan diri untuk pada akhirnya bisa menutupi kelemahan kita itu dengan melatih diri. Kedua : kita mencari partner yang kuat di kelemahan kita itu sehingga kita bisa intens membangun kekuatan kita.

Keduanya bagus, terserah mau pilih cara yang mana

No comments:

Post a Comment