4/15/10

Kenapa Dhuha-Line Sejajar Ashar-Line

Menurut Anda, mana yang lebih penting, sholat Ashar atau sholat Dhuha? Apa alasannya?

Agus Mustofa dalam bukunya "Tahajud Siang Hari, Puasa Malam Hari" menjawabnya dengan jawaban yang mungkin berbeda, dia mengkomparasikan antara sholat wajib dan sholat sunnah, dituliskannya, kedua sholat itu sama-sama membaca Al-Fatihahnya, sama-sama didahului dengan wudhunya, sama-sama untuk Allah sematanya.

Nah, terus kalau sama, kenapa sholat wajib kebanyakan orang anggap lebih penting? Sebelum menjawabnya, mari kita simak analogi ini,

Misalnya ada dua orang anak SD, dia bilang pada gurunya bahwa masing-masing dari mereka sangat menyukai matematika, lalu si gurupun menguji mereka. Guru itu memberikan kepada mereka 10 soal, yang 5 soal pertama harus dikerjakan, yang 5 sisanya boleh dikerjakan boleh tidak, terserah. Lalu si anak yang pertama mengerjakan soal yang harus dikerjakan itu saja, dan si anak yang kedua mengerjakan semua soal. Nah, pertanyaannya, siapakah yang benar-benar menyukai matematika?

Tidak beda tata cara dan pra-syarat untuk Sholat Dhuha dan Sholat Wajib, oleh karenanya, bisa jadi, Sholat Dhuha (dan sholat-sholat lainnya) bisa jadi adalah sebuah pembeda belaka. Pembeda mana yang bersujud untuk menunaikan kewajiban belaka, dan mana yang bersujud karena mencintai yang ia sujudi.

CMIIW

No comments:

Post a Comment