2/18/10

JK Guru Imajinerku

Lupakan atribut politiknya, abaikan nomor urut perolehan suaranya. Aku banyak belajar dari pemikiran-pemikiran gesitnya. Satu saja aku bagikan disini, kata JK, kalau mau menyelesaikan masalah, temukan dulu akar masalahnya.

Sederhana teorinya, tapi sesederhana itukah prakteknya? Ini tahap-tahapannya :

1. Jangan lawan gravitasi, ketika masalah itu memang menjatuhkanmu, ikutlah gerakan terjatuh (down) itu. Setidaknya itu tidak menguras energimu di awal.

2. Rasakanlah tidak enaknya diri dalam kondisi "down". Tapi, tetaplah berpikir waras (rasional), saat down itu bukankah saat yang paling tepat untuk meyakini kebenaran kata-kata ini : "roda kehidupan itu berputar, kadang di bawah dan kadang di atas".

3. Batasi ke'lebai'anmu dalam merasakan rasanya terjatuh itu, ketika kamu merasa itu sudah berlebihan, hingga bersifat destruktif, hingga terasa berlarut-larut seperti terjebak si pekat putih, nyalakanlah lampu kabut. Mengajak diri mengucapkkan "roda kehidupan itu berputar, kadan di bawah dan kadang di atas" adalah langkah pertamanya, menghela nafas panjang, sepanjang yang kamu bisa sembari bersama nafas itu kamu gelontorkan emosinya adalah cara berikutnya. Realease your emotion, entah apapun caranya.

4. Kamu gagal merealease? wajar, tidak apa-apa, jangan buru-buru mencap dirimu bodoh. Coba koreksi, ada yang masih keliru tidak? Biasanya realease itu gagal, karena disaat kamu terjatuh itu :

a. Tidak berani mendengar caci maki, cercaan dan sikap-sikap orang lain yang mengabaikanmu yang sebenarnya semua itu adalah isyarat semaphore  yang akan menuntunmu menuju akar masalah yang akan menjadi kunci penyelesai kejatuhanmu

b. Tidak berani mengakui bahwa kamu salah, kamu keliru, dengan sedetail-detail pengakuan kesalahan terhadap diri sendiri

5. Realease emosimu akan berhasil bersama ditemukannya akar masalah, bila point 4.b itu betul-betul total kamu laksanakan.

6. Cabutlah akar itu dalam batas kemampuanmu mencabut, jangan memaksakan diri.

Panjang-panjang aku menulis ini, aku hanya ingin memberitahu diriku sendiri bahwa, cara menyelesaikan masalah adalah dengan menemukan akarnya terlebih dahulu. Dan cara menemukan akar masalah adalah dengan membuat pengakuan sedetail-detailnya, sejujur-jujurnya kepada diri sendiri.

Sederhana.

No comments:

Post a Comment