2/11/10

Mencari Untung dari Kesalahan

Banyak orang rugi atas perbuatan salah yang dia bikin sendiri, beberapa orang ya bisa lah balik modal. Nah, sebenarnya bisakah dari kesalahan kita justru malah kita untung? Bisa, sedikitnya ada dua cara :

Pertama : Ambillah Intan
Orang yang berbuat salah biasanya akan down, yah turun, seperti diamblaskan ke bumi rasanya. Sesak, gelap dan di depan matanya ada menganga rongga bernama "putus asa". Orang memang akan benar-benar hancur dan sirna ketika down dan tidak berusaha kembali ke permukaan lagi. Tapi orang yang cari untung, dia bukan hanya akan tetap berusaha mencari jalan untuk up kembali, tetapi pas di kondisi-kondisi terbawah, secerdik mungkin dia berusaha mencari intan disana, untuk di ambil, dan dibawa ke atas.

Intan itu bisa dalam bentuk slide presentasi pengalaman yang bisa dibagikan ke orang lain, intan itu bisa menjadi lampu merah yang akan selalu menyala ketika jurang yang bisa membuat "down" mengancam kita. Jatuh, bukannya puas dengan cidera, tetapi jatuh adalah kesempatan mengambil intan.

Kedua : Tukarkan dengan Poin Plus-Plus
Kalau kesalahan seseorang bernilai 80 point, tetapi dibalas oleh sekelilingnya hingga 200 point, maka selisih 120 point adalah potensi keuntungan orang tersebut. 120 point yang tadinya berbentuk kesabaran, tinggal dijalani saja, diterima saja cercaan, hukuman, sikap-sikap tidak enak, dan semua-muanya dengan satu niatan. Nanti kalau balasan itu sudah pool, tinggal dibawa ke point changer, agar bisa ditukar dengan poin plus-plus (nilai positif diri).

No comments:

Post a Comment