3/20/10

Kenapa Kecewa pada Finlandia

Sangat bisa dimengerti kalau rakyat Republik ini sangat kecewa bahkan marah besar kepada Finlandia. Kenapa? Lho iya, kalau Finlandia punya kesempatan dekat dengan Hasan Tiro dan GAM-nya begitu juga punya hubungan bilateral yang baik dengan Republik Indonesia tetapi malah membuat perpecahan semakin nyata antara kedua belah pihak.

Tapi kan skenario itu tidak terjadi, Finlandia bermain cantik karena memang tidak ada kepentingan pada kedua belah pihak yang sedang tidak berhubungan baik itu. Lho iya, bisa saja kan kalau Finlandia punya kepentingan dengan GAM, bisa saja bersekongkol membuat negara baru. Atau lebih pro kepada Indonesia, ditipu daya saja itu petinggi GAM biar punah. 

Salutlah pada permainan cantik negeri beribukota Helsinki itu, kalau mau tau seberapa salut saya, seperti salut saya ke JK, atas peranannya dalam perdamaian di Aceh, bahkan lebih salut lagi. Finlandia sadar, ketika ada di kedua belah pihak, dia bukan berarti sedang main tanpa beban. Ada beban yang berhubungan langsung yang memaksa negara itu membebaskan diri dari kepentingan ingin dekat dengan salah satu pihak, karena dia sadar, kalau kedua belah pihak berdamai, dia akan diagung2kan dengan ucapan terima kasih yang diperingati setiap tahun. Namun, kalau pertikaian malah makin meruncing, dialah penyebabnya.

Saya tidak kecewa pada Finlandia, tapi salut.

No comments:

Post a Comment