3/14/10

Roedhiro Kemarin

Sedari lama, mungkin ada orang yang mencap sedemikian jelek saya, seorang yang membisniskan training, begitu mungkin di benaknya. Ah, tapi saya anggap saja angin lalu itu. Dan sabtu kemarin saya ikut sebuah workshop di gedung termegahnya FE Unsoed, Roedhiro namanya, pembicara yang merupakan seorang alim dan tawadhu' tetapi pandai melucu, salut saya dengan orang tersebut, beliau mengatakan. Saatnya mengubah obyek dakwah, bukan sebagai komoditas, tetapi mereka adalah obyek yang harus kita layani.

Diri bodoh saya langsung berseloroh, oh, kalau begitu training dan memungut bayaran itu salah berarti selama ini. Namun, diri bodoh itu tidak lama kemudian berdialog dengan diri yang bisa memahami lebih dalam, selalu betulkah begitu. Sekali lagi pernyataan ini terpakai disini, bahwa semua perbuatan itu netral, yang membuatnya positif atau negatif adalah niat dibalik itu.

Ada sebuah lembaga pelatihan yang memungut biaya mahal, tapi dari pelatihan yang ia selenggarakan dengan profesional itu, pada akhirnya bisa merangkul ribuan orang untuk berdherma, hingga jadilah sebuah PT yang produktif dengan pemegang saham terbesar adalah yayasan wakaf yang dibangun oleh lembaga pelatihan itu. Tentu, ini sebuah gebrakan spektakuler yang menggemparkan, dari yang tadinya memungut biaya, tetapi bisa jadi kontribusi PT terhadap yayasan wakaf yang menaunginya akan bernilai setara dengan biaya yang lembaga pungut, hanya dalam hitungan tahun saja.

Tentu, bisa jadi ini adalah yang digariskan Allah, mungkin, kalau saya jauh dari dunia pelatihan, saya akan menjadi kendor, seperti sekarang ini saja, terasa beda antara sekarang yang tidak sesering pelatihan seperti dulu. Toh, ada unit-unit lain yang setiap waktu saya coba majukan bersamaan, dengan harapan suatu saat nanti, seperti yang saya inginkan dan angankan saat ini, ada training premium series, mungkin bertema tentang cinta tanah air tetapi ada juga training yang bersisat sosial, mungkin bertema global warming.

Toh dari sebelum pergantian tahun 2010 ini, sudah saya niatkan bahwa keempat unit ini akan berjalan beriringan, saling melengkapi. Kalau pada kenyataannya sekarang training masih mendominasi, ya saya akan koreksi unit lainnya. Satu lagi, Tujuan utama dan akhir dari training-training yang saya selenggarakan bukanlah uang, kalaupun ada aspek uang, itu uang dalam artian investasi, investasi itu artinya berorientasi produktivitas, produktivitas itu untuk kemanfaatan bersama seluas-luasnya.

No comments:

Post a Comment