3/14/10

Mentraining dan Membatik

Erbe Sentanu dalam bukunya yang kedua mengatakan, kalau batik adalah hasil daya cipta manusia yang sungguh agung, perpaduan antara ketelatenan dengan kreativitas. Kesabaran yang tinggi dalam memegang canting dan kreativitas dalam membangun motiv-motif indahnya.


Begitu juga training, training akan menjadi daya cipta yang agung bila kita mengusahakan untuk semampu mungkin memadukan dua hal ini : pertama adalah kepekaan dan kedua adalah kekayaan teknik public speaking. Betapa keduanya menjadi amat penting, karena setiap segmen, setiap medan training memiliki perbedaan yang bisa mungkin bagaikan jurang, bagaimana bisa kita berhasil tanpa mengenali secara peka medannya.


Dan setelah mengenali, lalu menerapkan teknik public speaking yang paling tepat. Demikianlah, menjadi kurang sempurna kepekaan tanpa diimbangi kekayaan vocabulary teknik kita. Dan sebaliknya, menjadi amat disayangkan kalau kita memiliki kekayaan teknik public speaking tanpa dipergunakan dengan radar kepekaan hati kita membaca medan.


Dan menjadi sinyal untuk betul-betul keras belajar, seperti yang dikatakan guru agama SMA Muhammadiyah semalam, bila belum dengan baik menguasai keduanya.

No comments:

Post a Comment