10/26/11

Sunan Giri

Dilaporkan dari Twitter @KiaiKanjeng, Cak Nun baru saja menerima gelar "Ngai Ma Dodera".Gelar ini baru pertama kali diberikan oleh Sultan Ternate Drs. H. Mudaffar Sjah, BcHk.

Selamat ya Cak.

Dari Cak Nun kita bisa belajar banyak sejarah, salah satunya bagi kita yang suka menyepelekan leluhur kita : Walisongo. Cak Nun berbagi di acara itu tentang apakah ada yang selama ini meriset perbedaan kerajaan dan kesultanan? adakah beda antara raja dan sultan? Lalu bagaimana ratusan raja dan sultan berbesar hati menerima kebenaran demokrasi, sehingga berdirilah NKRI? Dan sebagainya...

Tahukah, Kesultanan Ternate dimulai sesudah Raja Zainal Abidin nyantri kpd Sunan Giri di Gresik, perubahan konsep & ideologi dr kerajaan mnjd kesultanan.

Itu satu saja contoh, walisongo itu hadir meninggalkan perubahan besar. Lah kita, cuma berburu surga untuk diri sendiri saja sambil menginjak2 orang lain.

"...Nama agama di junjung, tapi ajarannya hanya dilaksanakan sebatas kondusif terhadap kepentingan pribadi atau kelompok." Emha Ainun Najib

No comments:

Post a Comment