8/1/12

#11 Ramadhan : Tidak Bisa Masak dan Alasannya

Istri yang baik, pasti pandai memasak. Ada yang setuju, ada yang tidak. Lalu, seorang perempuan menyanggah "kamu cari istri, apa cari tukang masak?". Eits, tunggu dulu, apa mempersyaratkan seseorang pandai memasak itu artinya akan mengeksploitasi orang itu untuk jadi tukang masak di keluarga?

Yah, yang terpenting dari pernyataan itu bukanlah dia akan mau disuruh masak tiap hari atau tidak. Atau masakannya enak atau tidak. Tapi yang sebenarnya penting dari pernyataan itu adalah alasan dibalik ketidakbisaan seorang perempuan kok sampai tidak bisa memasak.

"Apa yang membuatmu tidak bisa memasak?", ini beberapa kemungkinan jawabannya :
1. Aku tidak bisa memasak karena Ibuku dan semua orang dirumahku tidak ada yang bisa memasak, kita biasa membeli yang siap saji
2. Aku rajin membaca buku, mengerjakan PR dan tugas-tugas sedari kecil, sibuk sekali dengan buku dan tugas-tugas sampai aku tak pernah sempat ke dapur
3. Aku tidak suka kotor-kotor, bahan masakan, wajan, minyak goreng, aduh, jauh-jauh deh..
4. Aku tak pernah membantu ibuku memasak, aku cuma membantu mengepel dan mencuci baju saja
5. Aku tak pernah membantu ibu blasss...tiap ibu masak aku nonton TV..
6. Aku sering membantu ibu memasak, tapi memasak memang butuh keahlian khusus, kecerdasanku tidak mampu untuk menguasai keahlian yang dikuasai ibu : memasak
7. Aku bisa masak, tapi males
8. dll ...

Bisa terbaca kan, bagaimana karakter seorang perempuan, ketika kita tahu alasan dia tidak bisa memasak.
Jadi, kalau ada seorang laki-laki menanyakan kebisaan memasakmu, jangan buru-buru men-justice dia akan mengeksploitasi waktu dan tenagamu untuk selalu memasak ketika jadi suamimu ya. Cuma ingin mengenalmu, mengenal karaktermu, seputar adabmu terhadap ibumu, adabmu terhadap isi dan pekerjaan di dalam rumahmu, dan pemahamanmu tentang skala prioritas pekerjaan.

Hm, adakah alasan tidak bisa memasak yang lain, yang lebih bagus tentang seorang perempuan dengan ketidakbisaan memasaknya? Kalau ada, boleh ditulis di kolom komentar ya..

No comments:

Post a Comment