8/12/12

#23 Ramadhan : Nasehat


Pengertian kata nasehat menyempit maknanya. Artinya menjadi suruhan, menjadi ceramah. Itulah kenapa banyak agamawan yang hobi sekali ceramah, merasa itu disukai Tuhan. Begitu juga aktivis masjid mudah sekali menyuruh,  berbekal dalil "nasehat menasehati dalam mentaati kebenaran dan nasehat menasehati dalam menetapi kesabaran".

Output dari nasehat adalah seseorang menyadari tentang sesuatu hal yang lebih baik, lebih mendatangkan manfaat bagi dirinya. Karena psikologi tiap orang beda-beda, baik karakteristik maupun kondisinya, tentu caranyapun beda. Kalau nasehat hanya diartikan ceramah dan menyuruh, maka jangan heran kalau orang ilfeel pada kita.

Yang penting adalah nyantol dipikirannya apa-apa yang sebelumnya tidak terpikirkan. Yang penting adalah orang itu nyadar. Bentuknya, itu cerdas-cerdasnya kita memberi nasehat. Jangan orang lagi kena masalah keuangan diceramahi, orang lagi putus cinta disuruh-suruh ibadah ini itu.

Didengarkan, dibantu menyediakan alternatif kesimpulan, dibeberkan cerita-cerita yang kira-kira bisa menginspirasi pikirannya dia untuk bangkit dari persoalannya. Insyaallah, tidak perlu diceramahi, tidak perlu disuruh, dia akan sholat kok, dia akan bermunajat kok.

Jadi, jangan buru-buru bangga kalau jadi suami/istri/teman/jamaah yang hobinya berkata begini : sudah ngaji belum? sholat sunnah dulu sana! astaghfirulloh ini tidak boleh itu tidak boleh, tahu? lakukan ini! tinggalkan itu! ...Haduh bawel amat sih...

No comments:

Post a Comment