8/17/12

#28 Ramadhan : Gravitasi Langit


Kenapa kalau di rumah, bangun sholat malas. Sedangkan kalau di masjid, terasa lebih ringan. Saat ada waktu senggang, kalau dirumah, yang dicari remote lalu menyalakan TV. Sedangkan kalau di masjid, yang dicari mushaf, lalu mengaji.

Gravitasi langit, ditransmisikan dari langit dan turun di beberapa titik di bumi, utamanya adalah di masjid. Di luar masjid juga ada gravitasi ini bisa kita rasakan, misalnya di tempat orang-orang sholeh berkumpul. Yah, ada peran lingkungan terhadap kondisi hati kita, lingkungan yang  baik akan mempengaruhi hati kita menjadi ringan berbuat baik dan beribadah, lingkungan yang buruk akan membawa kondisi sebaliknya.

Maka, pandai-pandailah mencari lingkungan-lingkungan yang baik, yang ada gravitasi langitnya. Sehingga pikiran kita tidak hanya khusyuk memikirkan materi, karena terlalu kuat kena pengaruh grafitasi 'bumi'. tetapi juga ringan untuk berorientasi masa depan, berorientasi hari akhir. Setidaknya kalau sudah terbiasa sebulan, dua bulan, tiga bulan menikmati enaknya beribadah dan berbuat baik dibawah zona gravitasi langit, maka kita memiliki kekuatan lebih untuk bisa survive beribadah di tempat lain yang jauh dari gravitasi langit.

Kalau sudah begitu, kita baru bisa berguna dengan meneladankan ibadah dan perbuatan baik kepada sesama.

No comments:

Post a Comment