9/13/09

7 Selangkah Lebih Maju

Tanpa inovasi, kita akan terlibas. Betul saja, jejak-jejak strategi dan konsep event kita perlahan diikuti oleh orang lain. Yah, artinya tujuan kita menginspirasi orang kan tercapai. Namun begitu, saya sangat bangga, sekalipun sebagian orang menganggap even-even yang kita selenggarakan komersil, tetapi kita berkembang dengan pesat, begitu juga dampaknya.

Kalau toh soal  komersil, memang betul kita mencari uang, tapi apakah penarikan kesimpulan hanya berdasar atas ini? Kenapa tidak dilanjutkan dengan pertanyaan, "uang yang kita dapat digunakan untuk (membangun) apa si?". Lepas dari itu, kita amatlah berbeda dengan lembaga-lembaga yang jauh lebih formal, tetapi mempropagandakan sertifikat, menghadirkan tema dan pembicara yang tidak mutu dan cap jelek lainnya.

Alhamdulillah, tahap demi tahap terus meningkat. Awalnya hanya sekup kota, lalu merambah ke kota kecamatan, lalu luar kota. Yang awalnya dilaksanakan mandiri, lalu menggandeng organisasi resmi untuk, bahkan hingga mengundang pejabat pemerintahan, hingga bupati.

Dan Alhamdulillah, proses penjajakan kerjasama dengan salah satu lembaga profesi telah terjalin, tinggal realisasinya. Ini merupakan satu langkah yang membuat kita percaya diri, ya, kita selangkah lebih maju dari lainnya.

Dan bukan hanya soal metode penggandengan kerjasama, soal pengemasan acara juga diakui kita termasuk penyelenggara yang rapih. Dan yang patut disyukuri lainnya adalah soal tema, ada perkembangan tema dari yang semula berbasis psikologis murni, kini kita menemukan tema-tema yang semakin relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan, segmentasi kita.

Pada saatnya nanti, bila unit-unit lainnya sudah bisa diandalkan melebihi unit ini, saya ingin mengajak kita semua meniru Jepang, sebuah negara yang berhasil makmur di sektor mandiri, dan karena kemakmurannya itu, Jepang mempunyai idealisme untuk memajukan pendidikan tanpa menjadikannya sebagai lahan bisnis.

Kesungguhan menggarap unit-unit bisnis akan menentukan cepat lambatnya unit-unit itu maju, dan akan berpengaruh pula pada cepat atau lambatnya idealisme Jepang itu bisa kita terapkan.

No comments:

Post a Comment