6/23/09

Hanya Soal Jam Terbang

Bob Sadino mengatakan, sukses itu bukan perkara kepandaian atau bakat. Sukses adalah perkara jam terbang. Itulah rahasia sukses seorang yang tidak lulus sekolah tetapi sekarang menjadi salah satu orang terkaya di negeri ini.

Cristiano Ronaldo tidaklah serta merta langsung pandai bermain bola, tapi latihannya yang tak pernah berhenti ditambah pengalamannya berpindah-pindah dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya maka mejadi spektakulerlah prestasinya.

Begitu juga, pilot sepandai apapun tapi baru pernah menerbangkan pesawat, akan sulit untuk menyamai pilot yang sedang-sedang saja tapi sudah puluhan ribu jam menerbangkan pesawat.

Menghimpun jam terbang kuncinya adalah ketekunan. Tekun bertahan pada bidang yang kita geluti, orang yang mencoba lalu gagal, mencoba lagi dan gagal lagi lalu berhenti mencoba, dia tergolong tidak tekun, maka jam terbangnya tidak tinggi, dan diragukanlah kesuksesannya.

Lalu jika jam terbang adalah penentu kesuksesan, bagaimana donk peranan bakat. bakat memiliki pengraruh, hanya kecil pengaruhnya, sebuah buku pengembangan diri menyebutkan pengaruhnya hanya 1%.

Karena itulah, bakat hanyalah impuls, pemicu kita untuk mau meniatkan menekuni sesuatu. Selanjutnya, kemampuan kita bertahan lebih lama, untuk tekun menghimpun jam terbang itulah yang akan menentukan seberapa ahli kita, seberapa dahsyat sukses yang kita raih.

No comments:

Post a Comment