6/29/09

Perjalanan yang Mengubah Hidup Saya

16 Mei saya sampai di Empire Palace, salah satu gedung termewah di Surabaya. Yang menarik adalah perjalanan saya sampai kesitu. Sebuah perjalanan pendidikan yang mengantarkan saya menjadi manusia yang lebih privat, menjadi manusia yang lebih egois. Tampak sekilas jelek ya sifat itu, tapi ternyata ketika disikapi dengan positif, sikap itu malah membentuk bangun konstruktif dalam diri saya.

Kepedulian sosial saya, saya minimalisir. Semangat berbagi saya saya tepis. Jelek terlihat, tapi tunggu dulu, belum selesai, seiring dengan itu, sikap intervensi sayapun menurun, begitu juga dengan keinginan untuk diperhatikan. Yang menarik adalah, rasa-rasanya saya menemukan kekuatan baru sumber kebahagiaan, yakni diri saya dan kesendirian saya.

Kebahagiaan saya tak lagi terlalu bergantung pada orang, benda ataupun hasil. Sayapun tak lagi berhasrat untuk memamerkan apa yang sedang saya alami atau apa yang sedang saya upayakan. Kebahagiaan saya adalah ketika bisa bertualang, walau tak jauh, walau tak ada someone spesiall yang menemani, tetapi disitu saya menemukan titik renung yang demikian dalam, khusyu' dan syahdu.

Kecemasan saya menurun, harapan saya membulat tak lagi berserakan dan seolah saya menemukan kekayaan baru, kekayaan jiwa. Saya jadi kadang bingung dan heran sendiri dengan sikap orang-orang disekeliling saya, yang dulu saya permasalahkan, yang dulu saya cemaskan, yang dulu saya campuri, Sekarang jadi aneh, "tidak habis pikir saya..", tapi ya sudahlah itu urusan mereka.

Dan ini resiko saya yang bisa selangkah lebih maju. Lebih maju dari diri saya sebelumnya, perkara membandingkan dengan orang lain, bukan kapasitas sayalah.

No comments:

Post a Comment