6/18/09

Slisiban

slisiban

adalah istilah bahasa jawa dalam strata standar yang berarti berselisih waktu, atau arti bebasnya adalah saya pergi dan anda datang, jadi nggak ketemu.

serehning

artinya "dikarenakan", ini adalah bahasa jawa tingkat tinggi yang hanya dimengerti oleh para orang tua jawa dan pranata cara pernikahan yang menggunakan adat jawa. kata "serehning" ditemukan pada kalimat semacam ini : serehning, adicara badhe dipun wiwiti (dikarenakan acara akan segera dimulai)

tahu

makanan yang dibuat dari perasan (saripati) ampas tahu. setiap kali saya bepergian saya selalu tidak bisa melewatkan untuk membeli tahu. ada tahu slawi yang disisipi aci, ada tahu petis yang ada sambel encer manisnya, ada tahu purworejo yang bulat-bulat gurih, ada tahu sumedang yang terkenal dimana-mana, ada tahu bakso bu midah yang selalu dinanti-nantikan pas training ESQ di sumarjito, ada tahu gimbal di dekat wisma DPRD Semarang, ada bakso tahu goreng (batagor) erik yang biasanya saya ditraktir andri atau indie.

Perlu diketahui bahwa batagor adalah makanan favorit saya.

2 comments:

  1. slisiban, serehning, sama tahu.
    hubungannya apa mas??
    hhehe..

    ReplyDelete
  2. enggak ada hubungannya, huehe...

    suka-suka yang nulis donk. hehe, ya beginilah caraku belajar menulis. bebas, lepas, dalam dan nggak usah kebanyakan mikir kaidah alias hubungan2...

    mengalirkan ide itu perlu latihan...

    ReplyDelete