7/15/09

Dua Presiden yang Tidak Mencalonkan Diri

1. Soekarno

Namanya disegani dan ditakuti dunia, tak perlu merekayasa redaksi majalah Times, negara mana yang tidak 'ngajeni' pemimpin kita yang satu ini. Beliau tidak silau harta, fasilitas, tidak juga memanfaatkan jabatan untuk merancang bisnis, macam busway dan tender backbone internet. Buat beli buah di pinggir jalan saja ngutang sama ajudannya.

Beliau adalah sedikit pemimpin yang pernah merasakan bagaimana menggeloranya tersulut api nasionalisme



2. Habibie

Diminta jadi menteri pertamanya oleh Pak Harto sebagai seorang teknokrat, terus eh terus dipercaya jadi Wapres. Pas posisi wapres simbah lengser, mau tidak mau dan akhirnya beliau memilih mau akhirnya jadi presiden. Diakui atau tidak dan memilih saya mengakui, banyak prestasi gemilang semasa pemerintahannya, salah satunya dalam hal ekonomi, sayang isu Timor-Timur cukup kuat dihembuskan untuk menggembosi..

Tersingkirlah beliau dari bumi pertiwi, tapi jangan salah, bagaimana di Jerman beliau disegani, orang kedua di perusahaan aeroplane di salah satu negeri termaju di dunia.

Kalau bukan karena nasionalisme, mana mau beliau masih mempertahankan KTP Indonesianya sementara di Jerman saja sudah jadi surga dunia bagi beliau dan keluarga.

No comments:

Post a Comment