7/8/09

Majukan Perkeretaapian Kita


Eksekutif 2-2 Sinar Jaya, memakan waktu 10 jam Jakarta-Purwokerto. Tapi kelas Bisnis Kereta Api cuma 5 jam saja. Hebat euy, setengahnya sendiri efisiensi waktunya

Kultur geographic Indonesia adalah berjauh-jauhan antar kotanya, karena itu Kereta Api memang merupakan sarana transportasi yang paling tepat untuk dikembangkan di negeri ini. Saya membayangkan kalau kereta Api berbenah diri, atau kalau tidak mau berbenah diri ya dikebiri saja kayak Telkom yang disandingi Indosat, XL dan sebagainya, biar terpacu.

Kalau kereta api ditata dengan baik, fasilitas bisa lebih memadai (Armada antar kota selalu cukup tempat duduk), kereta bisnis jadi ekonomi, kereta argo jadi bisnis, dan didatangan kereta eksekutif baru yakni kereta upercepat (ya, mungkin belum secepat sinkanzhen karena rel kita masih peninggalan belanda).

Lalu dikembangkan jalur baru jarak dekat, lalu di dukung dengan shuttle bus dalam kota, yakni angkot ber-AC dengan tiket murah. Lalu pajak mobil dan motor untuk kepemilikan dalam keluarga yang kedua dan seterusnya ditinggikan hingga dua kali lipat.

Maka saya yakin, masyarakat akan lebih nyaman, ketimbang tiap tahun jalan dilebarkan terus... Majulah kereta api Indonesia, pada saatnya nanti dari Sabang sampai Merauke sambung menyambung mendi satu rel.

No comments:

Post a Comment